21/09/2020, 10:51 AM
Beranda Editor's Picks Banyak Umat Hindu Berpindah Agama, Puluhan Sulinggih Usulkan Hindu Center ke Dewan...

Banyak Umat Hindu Berpindah Agama, Puluhan Sulinggih Usulkan Hindu Center ke Dewan Bali

Denpasar, balipuspanews.com – Banyaknya umat Hindu berpindah agama menjadi dasar pemikiran puluhan Sulingih dan Pemangku serta aktivis umat menyampaikan aspirasi ke Gedung DPRD Bali, kedatangan para petinggi umat Hindu ini mengusulkan agar Pemprop Bali membangun Kahyangan Agung Jagadnatha Nusantara (Hindu Centre) dan Pesraman.

 

“Minimal dengan dibangunannya Hindu Center di Bali akan menginspirasi Umat Hindu lainnya tinggal di luar pulau Bali, karena secara logika kalau SDM baik dan sradanya juga baik akan mencegah umat untuk berpindah agama,” kata Ida Acarya Agni Yogananda, Sabha Pandita PHDI Pusat usai pertemuan di Gedung DPRD Bali, Rabu (3/10).

Paling penting, dibangunnya Hindu Center ini untuk mencetak SDM yang tangguh, karena selama ini SDM kita masih rendah utamanya guru -guru Hindu, untuk itu perlu diusulkan pembangunan pusat Hindu serta Pesraman Agung.

Masalah ini, kata Acarya selain kepada wakil rakyat juga sudah dibicarakan dengan Presiden Jokowi.

“Kita minta minta keadilan ke Presiden karena masalah pendidkan, guru agama kurang dana juga kurang,” jelasnya.

Untuk itu dengan adanya Pesraman ini akan mampu mengatasi para umat Hindu pindah agama seperti yang telah terjadi di dearah Sumatera dan Kalimantan.

Disisi lain, Ketua Komisi IV DPRD Bali, I Nyoman Parta mendukung gagasan dan ide para pendeta itu, hal ini penting untuk peningkatan kesadaran beragama membangun konsep beragama diwujudkan dengan tindakan, toleran pada lingkungan.

“Kami akan sampaikan dalam rapat Dewan, karena pembangunan Hindu Center yang didalamnya ada Pasraman lazim dilakukan oleh Pemda,” jeasnya.

Lebih jauh, politisi PDIP yang kini menjadi calon DPR RI asal Banjar Wangbung, Guwang, Sukawati ini prosesnya masih panjang dan perlu kajian -kajian.

Sementara itu seperti diketahui, kedatangan Panitia Pembangunan Kahyangan Agung Jagadnatha Nusantara (Hindu Centre) yang terdiri dari Ida Para Sulinggih, Ketua Umum UPA (Veda Posana Asram), Sekretaris Umum UPA, Ketua Yayasan UPA, UPA Badung, UPA Bangli, Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Pusat, PSN Korwil Bali dan Dharma Adiyaksa ini diterima di Ruang Gabungan Lantai IV Gedung DPRD Provinsi Bali.

- Advertisement -

Polisi Masih Selidiki Penyebab Kematian Bule Perancis di Kamar Villa

MANGUPURA, balipuspanews.com - Jajaran Polsek Kuta Utara masih menyelidiki penyebab kematian turis asal Perancis, Frederic Jean Joseph Pougalut (48) yang ditemukan tewas di kamar...

Turis Wanita Asal Ukraina Dijambret di Jalan Raya Semer, Pelaku Masih Dikejar Polisi

KUTA UTARA, balipuspanews.com - Usai galungan, jambret kembali beraksi. Kali ini menimpa seorang turis wanita asal Ukraina, berinisial DB. Korban terjatuh dan luka-luka setelah...
Member of
Dewan Pers

Download Balipuspanews
Google Play