Banyu Pinaruh, Pol Air Monitoring Pantai

Pol Air monitoring pantai
KARANGASEM, balipuspanews.com Sudah-  menjadi agenda rutin, sehari setelah hari raya Saraswati sejumlah pantai yang ada di Kabupaten Karangasem dipenuhi pengunjung untuk melaksanakan ritual Banyu Pinaruh.

Untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan, jajaran Basarnas Pos Karangasem dan Satuan Pol Air Polres Karangasem pagi ini melaksanakan Patroli disepanjang pesisir selatan Karangasem yang memang menjadi lokasi rutin warga melaksanakan ritual Banyu Pinaruh yang datang setiap enam bulan sekali.

Sejumlah pesisir selatan Karangasem yang disisir diantaranya adalah perairan Candidasa, Buitan, Labuhan Amuk, Bloo Lagoon menuju kearah timur perairan Bugbug dan Perasi.

“Ini sebagai bentuk antisipasi hal yang tidak diinginkan mengingat dibeberapa pantai cukup ramai dikunjungi warga ketika melaksanakan ritual Banyu Pinaruh,” kata Kasat Polairud Polres Karangasem, Iptu. I Gusti Agung Bagus Suteja ketika dikonfirmasi, Minggu (08/12/2019).

Penyisiran dilakukan menggunakan Rubber Boat Inventaris Sat Polairud Polres Karangasem dimulai sekitar pukul 08.00 wita hingga sekitar pukul 10.45 wita sampai situasi pesisir mulai sepi dan kembali ke pangkalan Candidasa.

Hal yang sama juga dilakukan jajaran Pos SAR Karangasem dimana sejak pagi ini menerjunkan sejumlah anggotanya untuk melaksanakan penyisiran dikawasan pesisir Karangasem yang ramai dikunjungi warga untuk melaksanakan ritual Banyu Pinaruh.

“Ya kita lakukan pengamanan saja karena banyak warga beraktivitas dipantai,” kata Kordinator Pos SAR Karangasem, I Gusti Ngurah Eka Widnyana dikonfirmasi secara terpisah. (Suar/BPN/tim)