Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaJembranaBarang Bukti Narkoba dan Pil Koplo Dimusnahkan

Barang Bukti Narkoba dan Pil Koplo Dimusnahkan

JEMBRANA, balipuspanews.com– Kejaksaan Negeri (Kejari) Jembrana, Rabu (6/12/2023) melakukan pemusnahan barang bukti dari kasus yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap (MKHT) atau “in kracht van gewijsde”.

Pemusnahan barang bukti yang sudah memikiki kekuatan hukum tetap (inkracht) dari Bulan Agustus hingga Bulan November tahun 2023 dengan total perkara yang barang bukti nya dimusnhahkan sebanyak 25 perkara.

Barang bukti yang dimusnahkan itu dengan klasifikasi 1 perkarae kejahatan perjudian, 3 perkara, Kesehatan, 5 perkara pencurian, 3 perkara, perlindungan anak, dan 13 perkara narkotika.

Total barang rampasan yang dilakukan pemusnahan yakni narkotika
jenis sabu 192,79 gram Brutto / 27,56 gram Netto, jumlah narkotika jenis ganja sebanyak 10,0 gram brutto
/ 0,78 gram netto lalu jumlah Pil Koplo sebanyak 1.414 butir pil, jumlah barang bukti elektronik berupa
handphone sebanyak 4 buah dan timbangan digital sebanyak 3 buah dan barang- barang lainnya dengan total 122 buah.

Barang bukti narkotika dimusnahkan dengan cara dilaritkan dengan air lalu diblender, kemudian dibuang ke septic tank. Untuk barang bukti pil dan elektronik dimusnahkan dengan cara dibakar.

BACA :  Terima Audiensi AMSI Bali, Kakanwil DJP Bali Sebut Media Berperan Penting Mengedukasi Masyarakat

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jembrana, Salomina Meyke Saliama, mengatakan barang bukti ini dimusnahkan sebagai upaya untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan ilegal di Jembrana.

“Dengan pemusnahan ini juga diharapkan dapat memberikan efek jera bagi pelaku dan mencegah terjadinya tindak pidana serupa,”ungkapnya.

Pemusnahan barang bukti ini merupakan bagian dari kewajiban dan tanggung jawab Kejaksaan sebagai eksekutor putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, sesuai dengan Pasal 270 KUHAP dan Pasal 30 Ayat (1) huruf b UU RI No. 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular