Selasa, Februari 27, 2024
BerandaBadungBasarnas Bali Kukuhkan Saka Pramuka SAR Kwartir Cabang Denpasar

Basarnas Bali Kukuhkan Saka Pramuka SAR Kwartir Cabang Denpasar

MANGUPURA, balipuspanews.com – Ketua Harian Pramuka Kwartir Cabang Denpasar, Dr. I Gusti Lanang Jelantik, M.Si, mewakili Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, S.E.,M.M. secara resmi melantik dan mengukuhkan Majelis Pembimbing dan Pimpinan Satuan Karya (Saka SAR) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Denpasar, pada Selasa (14/3/2023) pagi.

Pelantikan ini berlangsung di Aula Gedung Werkudara Lantai III Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar.

Diinformasikan, Satuan Karya Pramuka (SAKA) merupakan wadah pendidikan dan menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Satuan karya tersebut diperuntukkan bagi para Pramuka Penegak Pandega atau para pemuda usia antara 16-25 tahun dengan persyaratan khusus.

Dalam kesempatan tersebut, Mochamad Adip, S.E. dilantik dan dikukuhkan menjadi Majelis Pembimbing Satuan Karya SAR dan I Wayan Suwena, S.H. selaku Pimpinan Saka SAR Kwarcab Denpasar masa bakti 2022 – 2025 yang ditetapkan sejak 21 Desember 2022.

Sementara Moch. Adip dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembentukan Saka SAR sesuai dengan program Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan melalui Direktorat Bina Tenaga Basarnas di Jakarta.

BACA :  Antisipasi Lonjakan Permintaan Jelang Galungan, Pertamina Tambah 263 Ribu Penyaluran LPG 3kg

Dalam pemaparannya, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada, S.E.,M.A.P, menyampaikan bahwa hadirnya Saka SAR Kwarcab Denpasar akan semakin memperkuat sinergitas antara Basarnas dan Pramuka untuk misi kemanusiaan.

Dia menyebut bahwa pembentukan Saka SAR di Kwarcab Denpasar merupakan Kwarcab keempat di Bali yang kepengurusannya dibentuk setelah Kwarcab Jembrana, Kwarcab Buleleng dan Kwarcab Karangasem.

“Saka SAR wajib dibekali pengetahuan dan skill tentang pencarian dan pertolongan. Pelatihan dan peningkatan kapasitas menjadi tanggung jawab Basarnas dan akan dilaksanakan secara rutin kedepannya,” tuturnya.

Sementara itu, Gusti Lanang Jelantik selaku ketua harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas terbentuknya Saka Pramuka SAR.

Ia berharap Basarnas dapat mendidik anggota Saka Pramuka SAR agar berjiwa patriot, berjiwa kemanusiaan serta menjadi anggota yang terlatih dan tentunya dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular