Basarnas Kerahkan 136 Personil Amankan Arus Transportasi Jelang Libur Nataru

Gelar pasukan pengamanan yang dilaksanakan, pada Jumat (17/12/2021) di halaman Kantor Basarnas di Jimbaran
Gelar pasukan pengamanan yang dilaksanakan, pada Jumat (17/12/2021) di halaman Kantor Basarnas di Jimbaran

JIMBARAN, balipuspanews.com – Sebanyak 136 personil Basarnas disiagakan dalam mengantisipasi arus transportasi menjelang libur Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru). Personil Basarnas juga melakukan pemantauan di Bandara dan Pelabuhan penyeberangan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Gelar pasukan pengamanan ini dilaksanakan, pada Jumat (17/12/2021) di halaman Kantor Basarnas di Jimbaran. Siaga SAR Khusus tersebut dimaksudkan untuk mendukung kegiatan pengaturan dan pengendalian transportasi selama Nataru.

Dalam pengarahannya, Kepala Basarnas Gede Darmada S.E., M.A.P. menegaskan bahwa kesiapsiagaan ini tetap fokus pada penanganan kecelakaan dengan kondisi khusus yang menjadi tugas pokok dan fungsi dari Basarnas.

“Meskipun kesiapsiagaan ini merupakan agenda rutin setiap tahun, tetap harus ada peningkatan sistem quick response SAR jika terjadi kecelakaan,” tegasnya.

Baca Juga :  Polantas Polres Badung Sambangi Sekolah Edukasi Tertib Lalu Lintas

Dia mengatakan selain kesiapsiagaan juga perlu tingkatkan koordinasi dengan instansi terkait dan potensi SAR.

Menurut Gede Darmada, ada yang istimewa dalam awal gelar pasukan siaga SAR Khusus Nataru kali ini. Dimana gelar pasukan ini bersamaan dengan ulang tahun Basarnas Special Group (BSG).

“Basarnas Bali memiliki putra-putra Bali yang juga tergabung dalam BSG dan sudah dikembalikan bertugas di Basarnas Bali. Saya ucapkan selamat dan semoga lebih baik kedepannya,” ujarnya.

Selama siaga SAR Khusus Nataru yang berlangsung selama 11 hari, turut melibatkan 136 personil dengan pergerakan-pergerakan ke lokasi yang diprediksi rawan terjadi kecelakaan.

Disamping itu dilaksanakan pemantauan ke Bandara dan Pelabuhan-pelabuhan penyeberangan kapal berpenumpang. Personil bekerja menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga :  Operasi Zebra Agung 2022 di Klungkung, Pelanggar Hanya Diberikan Teguran

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan