Basarnas Kerahkan 171 Personil dan 2 Helikopter di KTT G20

Henri ke Luhut Binsar saat rapat koordinasi penyelenggaraan KTT G20 Tahun 2022 di The Apurva Kempinski Bali, pada Selasa (4/10/2022)
Henri ke Luhut Binsar saat rapat koordinasi penyelenggaraan KTT G20 Tahun 2022 di The Apurva Kempinski Bali, pada Selasa (4/10/2022)

MANGUPURA, balipuspanews.com – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi memastikan kesiapan Basarnas jelang G20 kepada Menteri Koordinator Bidang Kamaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Hal ini dijelaskan Henri ke Luhut Binsar saat rapat koordinasi penyelenggaraan KTT G20 Tahun 2022 di The Apurva Kempinski Bali, pada Selasa (4/10/2022).

Henri Alfiandi menjelaskan bahwa Basarnas akan mengerahkan sekitar 171 personil dengan dilengkapi alut SAR darat, laut dan udara.

“Basarnas akan berada di bawah kendali KOGABPAD PAM VVIP dan berada pada satgas evakuasi,” terangnya dihadapan peserta rapat.

Diungkapkannya, dalam proses evakuasi Basarnas mengerahkan 2 unit Helikopter Dauphin AS365 serta 2 unit Kapal Negara (KN) SAR Wisnu (60 m) dan KN SAR Arjuna 229 (40 m).

Baca Juga :  Pasca Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar, Pemeriksaan di Gilimanuk Diperketat

Sedangkan 1 unit Rescue Boat 220 Mataram akan standby di Pelabuhan Lembar. Pengerahan alut ini dimaksudkan agar memudahkan evakuasi apabila terjadi situasi darurat dari para delegasi yang sedang mengikuti KTT G20.

“Jadi untuk evakuasi udara menuju Rumah Sakit Umum Sanglah dari Helipad GWK hanya sekitar 5 menit,” pungkasnya.

Diungkapkannya, nantinya sebaran personil Basarnas yang terlibat akan mengikuti rencana kontijensi dari satgas evakuasi yang terbagi di beberapa venue KTT G20.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan