Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Jakarta – Menyambut hari ulang tahunnya yang ke-60, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menggelar kegiatan Gelar Teknologi yang dipusatkan di Perumahan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (02/12). Gelar teknologi yang mengusung tagline We60up ini melibatkan masyarakat luas di sektar kawasan Puspiptek, dimana fasilitas nuklir BATAN berada.

Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto mengatakan, ulang tahun kali ini, BATAN mengusung tagline WE60UP (We Go Up) yang berarti BATAN harus selalu menjadi lebih baik. “We go up memiliki arti yang penting bagi BATAN, di usia yang ke-60 tahun ini BATAN harus mampu menunjukkan bahwa dengan keterbatasan yang dimiliki, namun masih mampu berpreatasi,” tambahnya.

Djarot menambahkan, Gelar Teknologi ini menjadi bagian dari ulang tahun BATAN yang ke-60. “Kegiatan Gelar Teknologi ini merupakan rangkaian dari kegiatan ulang tahun BATAN yang ke-60. Puncak peringatan ulang tahun ini nanti pada 5 Desember mendatang,” tambahnya.

Gelar teknologi kali ini lanjut Djarot, melibatkan masyarakat umum yang berada di sekitar kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan. Ketelibatan masyarakat ini merupakan bagian upaya BATAN dalam mengenalkan produk litbangnya kepada masyarakat luas.

Selain itu, masyarakat di sekitar kawasan Puspiptek harus mengetahui bahwa di sekitar mereka terdapat fasilitas nuklir BATAN. ” Pada intinya kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa BATAN mampu mengelola fasilitas nuklir dengan aman dan tidak menakutkan,” lanjutnya.

Perayaan ulang tahun ke-60 ini bertepatan dengan tahun keempat pekaksanaan Rencana Strategis BATAN, maka menurut Djarot yang akan dilakukan BATAN adalah menyusunan rencana strategis untuk lima tahun mendatang dan mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan. “Ada banyak kegiatan yang harus dilakukan BATAN ke depan, terutama berusaha semakin mendekatkan teknologi nuklir kepada masyarakat,” ujarnya.

Djarot mencontohkan beberapa upaya mendekatkan diri kepada masyarakat di bidang pertanian yakni dengan meningkatkan prosentase peningkatan jumlah luasan lahan pertanian di Indonesia yang ditanami varietas padi unggul produk penelitian BATAN. Di bidang kesehatan, produk radioisotop dan radiofarmaka yang telah dikerjasamakan dengan PT. Kimia Farma dan PT. INUKI dapat termanfaatkan dan terdistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia untuk kesehatan.

Djarot berharap, BATAN kedepan harus lebih dikenal oleh masyarakat, bukan hanya produk litbangnya saja, melainkan juga dampak yang diperoleh masyarakat terhadap pemanfaatan hasil litbang nuklir. (Ivan)

Advertisement

Tinggalkan Komentar...