Selasa, Juli 16, 2024
BerandaBadungBawa Tema Kepahlawanan I Gusti Ngurah Rai, Ratusan Seniman Lintas Generasi Jadi...

Bawa Tema Kepahlawanan I Gusti Ngurah Rai, Ratusan Seniman Lintas Generasi Jadi Duta Badung dalam Pembukaan PKB XLVI 2024

BADUNG, balipuspanews.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Ketua TP. PKK Kabupaten Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta dan Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri acara pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024 yang dibuka oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Pembukaan ditandai dengan pemukulan kulkul dan pelepasan Peed Aya (Pawai) di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi, Niti Mandala Renon, Denpasar, Sabtu (15/6/2024).

Pada kesempatan ini, turut hadir Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Darmawati, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, Ketua TP PKK Provinsi Bali Nyonya Ida Mahendra Jaya, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi Bali, Bupati/Walikota se-Bali, tokoh masyarakat, dan seniman.

Bupati Giri Prasta menyampaikan dalam Peed Aya/pawai pembukaan PKB XLVI yang berlangsung di depan Monumen Bajra Sandhi, Niti Mandala Renon Denpasar, duta Kabupaten Badung tampil di urutan kesembilan dengan melibatkan ratusan seniman lintas generasi yang ada di Gumi Keris. Dengan membawakan tema terkait dengan cerita gugurnya pahlawan asal Bali, I Gusti Ngurah Rai, dan pelaksanaan upacara ngaben.

BACA :  Seluruh Fraksi DPRD Denpasar Setujui Perubahan KUA dan PPAS Kota Denpasar

Tema ini dinilai sangat sesuai dengan tema PKB tahun ini yakni Jana Kerthi : Paramaguna Wikrama (Harkat Martabat Manusia Unggul), yang dimaknai sebagai upaya pemuliaan hidup dan kehidupan manusia, yang diupayakan secara niskala sakala untuk mewujudkan kualitas hidup manusia yang bermartabat unggul dan maju.

“Tema ini mempresentasikan peningkatan kualitas hidup manusia dapat dibangun dengan meneladani prinsip dan laku hidup para insan-insan unggul serta meneguhkan nilai- nilai luhur yang tumbuh di masyarakat yang nantinya menjadi asal muasal lahirnya berbagai ragam kebudayaan yang adiluhung yang merepresentasikan peradaban Krama Bali yang luhur, unggul,” ujarnya.

Bupati Giri Prasta juga mengucapkan terimakasih dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh sumber daya/seniman yang terlibat sebagai duta Kabupaten Badung dalam PKB tahun ini.

“Semoga para duta kabupaten Badung bisa tampil dengan baik dan penyelenggaraan PKB ke-46 ini berjalan dengan lancar,” harapnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya dalam sambutannya menyampaikan sebagai salah satu bentuk komitmen dan penguatan kemajuan kebudayaan, sebagai pesta tahunan yang sudah mendapatkan pengakuan dunia PKB menjadi ajang pertemuan insan kreatif untuk berkreasi dan berkolaborasi saling mengisi. Sesuai dengan tema PKB tahun ini, diutamakan pemuliaan hidup manusia secara sekala niskala oleh sebab itu karya seni yang ditampilkan memiliki jati diri, integritas dan kualitas.

BACA :  Diusulkan DPD PDIP Bali, Paket Satria - Surya Tinggal Menunggu Rekomendasi DPP Sebagai Calon Bupati - Cawabup Klungkung

“PKB digelar satu bulan penuh dari tanggal 15 Juni-13 Juli 2024, dengan materi pokok yang disajikan yaitu Peed Aya/Pawai, Rekasadana, Kandarupa, Utsawa/Parade, Wimbakara, Kriya Loka, Widyatula, Adisawatala Nugraha yang melibatkan 13.515 seniman,“ jelasnya.

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan PKB sebagai event tahunan yang telah menjadi pesta rakyat terbesar di Bali sejak tahun 1979, PKB bukan hanya diikuti oleh seniman lokal di Bali tetapi juga diikuti oleh seniman dari berbagai daerah di Indonesia dan berbagai Negara. Oleh karena itu juga, PKB telah ditetapkan sebagai 10 besar Karisma Event Nusantara dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

“Walaupun Bali kaya akan masuknya budaya asing, tetapi budaya sendiri tidak lekang oleh waktu berkarat oleh Zaman, bahkan seni budaya Bali memiliki kekuatan spiritual yang menciptakan energi besar untuk menjadi bangsa yang besar, bangsa yang unggul, yang dihormati dan disegani dunia,” ungkapnya.

Penulis : Kadek Adnyana
Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular