Bawaslu Karangasem turun ke pasar untuk mensosillisasikan daftar pemilih Pilpres dan Pileg 2019
sewa motor matic murah dibali

Karangasem, balipuspanews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karangasem membuka posko pengaduan di seketariat kabupaten dan kecamatan untuk menjaga hak pilih warga bumi lahar dalam pemilu presiden ( Pilpres) dan pemilu legislative ( Pileg) yang dihelat secara bersamaan tahun 2019 mendatang.

Pembuatan posko pengaduan ini dilakukan untuk menjaga hak pilih masyarakat terutama warga yang belum terdaftar sebagai pemilih dalam hajatan lima tahunan itu.

Untuk mengcrosscheck daftar pemilih, Bawaslu langsung turun ke lapangan. Seperti terlihat dikawasan Pasar Amlapura Timur Jumat ( 19/10/2018). Bawaslu banyak menemukan warga yang belum terdaftar sebagai pemilih.

“Dalam kegiatan hari ini kita temukan empat pengunjung pasar yang belum terdaftar sebagai pemilih,” ujar Ketua Bawaslu Karangasem, Putu Gede Suastrawan.

Selain Pasar Amlapura Timur, tim juga melakukan  menyambangi masyarakat di Terminal Amlapura Barat dan kampung nelayan Pantai Ujung, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem.

Kegiatan jajaran Bawaslu ini disambut baik oleh warga dan para pedagang yang ada di Pasar Amlapura. Dari hasil penyisiran, tim Bawaslu yang di backup anggota Polsek dan Polres tersebut mendapati banyak warga yang kedapatan tidak membawa e KTP dengan alasan lupa.

Ada juga malah sebaliknya, warga yang membawa KTP justru bertanya apakah dirinya sudah terdaftar atau belum menjadi pemilih dan meminta agar tim mengecek statusnya.

Temuan temuan ini langsung dikoordinasikan dengan KPU Karangasem untuk secepatnya bisa ditindaklanjuti, mengingat dari hasil jemput bola ini banyak warga yang belum terdaftar menjadi seorang pemilih. Ketua Bawaslu, Putu Gede Suastrawan mengatakan akan terus menggencarkan kegiatan jemput bola seperti terutama dilokasi lokasi keramaian.

“Gerakan Bawaslu Jaga Hak Pilih sudah kita gemakan di jajaran Panwascam dan Panitia Pemilihan Desa/Kelurahan (PPDK) agar langsung ditindaklanjuti,” tegasnya. ( igs)

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here