19/09/2020, 7:59 AM
Beranda Bali Jembrana Bawaslu Perkenalkan Aplikasi SIPS

Bawaslu Perkenalkan Aplikasi SIPS

NEGARA, balipuspanews.com- Seringnya sengketa terjadi saat pemilhan umum, yang berakhir di mahkamah konditutui memang cukup merepotkan.

Agar sengketa pemilu termasuk pada Pilkada Jembrana bisa terselesaikan dengan cepat, Bawaslu kini memiliki aplikasi system informasi penyelsaian sengketa (SIPS).

Aplikasi SIPS itu Senin (3/2) dperkenalkan oleh anggota Bawaslu RI koordinator divisi penyelesaian sengketa Rahmat Bagja, bersama ketua Bawaslu provinsi Bali Ketut Rudia dan ketua Bawaslu Jembrana, Pande Made Ady Muliawan kepada Parpol dan pihak terkait dalam Pilkada.

Dalam penjelasnya anggota Bawaslu RI koordinator divisi penyelesaian sengketa Rahmat Bagja menyampaikan dengan aplikasi SIPS ini peserta pemilu nantinya bisa mengajukan permohonan sengketa tanpa harus ke datang kantor Bawaslu. Peserta Pemilu cukup melapor melalui aplikasi SIPS itu.

“Pelapor juga langsung bisa memantau perkembangan laporan sengketanya lewat aplikasi ini,” ujarnya.

Sengketa yang bisa dilaporkan melalui aplikasi SIPS ini diantaranya anulir paslon seperti persyaratan paslon, sengketa zona kampanye dan sengketa daftar pemilih serta sengketa lainnya.

Aplikasi ini juga sekaligus memudahkan peserta pemilu dalam melaporkan sengketa yang ditemukan“Kita tidak berharap ada perkara,tapi kalau ada mau tidak mau kita harus selesaikan. Kemudian kami menyiapkan teman-teman dalam infrastruktur dan prasarana dalam menyelenggarakan sistem ini,”ungkapnya.

Dengan adanya aplikasi SIPS ini, diharapkan semua pihak bisa memantau jalannya Pilkada serentak tahun 2020 sehingga nantinya mampu menciptakan Pemilu yang jurdil dan menghasilkan pemimpin yang berkwalitas.

Sementara itu Wik Smara pengurus DPC PDIP Jembrana bidang komunikasi politik, menyampaikan aplikasi ini agar dimanfaatkan oleh peserta Pilkada. “Kami dari partai politik menyambut baik bentuk transparansi dalam pilkada yang akan kita selenggarakan di Jembrana,”ujarnya. (nm/bpn/tim)

- Advertisement -

Gali Lubang Pondasi, Dua Buruh asal Sumba Tewas Tertimbun

GIANYAR, balipuspanews.com - Akhir hidup yang cukup tragis menimpa dua buruh proyek asal Sumba, NTT. Keduanya tewas tertimpa longsoran tanah saat menggali pondasi bangunan...

Dapat Info Terkait Adanya Tajen, Polsek Banjar Langsung Grebeg Lokasi

BULELENG, balipuspanews.com - Pelaksanaan kegiatan judi sabung ayam (tajen) jelas dilarang sesuai pasal 303 KUHP, berdasarkan hal itu pihak kepolisian terus mengadakan pemantauan terhadap...
Member of
Dewan Pers

Download Balipuspanews
Google Play