Bayar Kaul, Warga Selat Duda Bikin Penjor Dihiasi 100 Ayam Panggang

Nampak penjor dihiasi 100 ayam panggang di utama mandala Pura Puseh Desa Adat Selat, Karangasem
Nampak penjor dihiasi 100 ayam panggang di utama mandala Pura Puseh Desa Adat Selat, Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Penjor yang tertancap di utama mandala Pura Puseh Desa Adat Duda, Selat, Karangasem nampak dihiasi 100 ekor ayam panggang. Penjor serangkaian Upacara Usaba Goreng itu adalah salah satu kaul warga setempat.

Bendesa Desa Adat Duda, I Komang Sujana saat dihubungi media ini, Rabu (5/10/2022), mengungkapkan, penjor dengan 100 ekor ayam tersebut adalah penjor yang dibuat oleh salah satu krama dalam rangka untuk membayar kaul.

“Inggih patut (Ya benar), amun nika wenten penauran sot (Itu ada yang membayar kaul), posisi Penjor berada diutama mandala Pura Puseh tepatnya depan pelinggih Meru Tumpang Telu,” ujar Sujana.

Sementara itu, rangkaian Usaba Goreng Desa Adat Duda telah dimulai pada tanggal 28 September 2022 lalu dengan upacara Ida bhatara lunga, setalah itu dilanjutkan pada tanggal 1 Oktober 2022 dengan upacara Usaba Ceta, dan dilanjutkan Upacara Pemiosan Kapertama (1) pada 4 Oktober 2022, Pemiosan Kapingkalih (2) pada 10 Oktober 2022 hingga nantinya upacara penyineban yang akan dilaksanakan pada 11 Oktober 2022 mendatang.

Baca Juga :  Hingga Bulan November, Bandara Ngurah Rai Telah Layani 10 juta Lebih Penumpang

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan