Bayar PBB Dengan Sampah, Salah Satu Program Pertama Bank Sampah Di Desa Selat, Buleleng

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng saat berkunjung ke Bank Sampah Karya Dharma Bakti
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng saat berkunjung ke Bank Sampah Karya Dharma Bakti

BULELENG, balipuspanews.com – Bank sampah di Kabupaten Buleleng terus berinovasi. Kali ini salah satu bank sampah bernama Bank Sampah Karya Dharma Bakti yang terletak di Dusun Gambuh, Desa Selat, Sukasada memiliki satu program menarik yakni bayar pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan sampah.

Direktur Bank Sampah Karya Dharma Bakti, Gede Budi Artawan menyampaikan ide membayar PBB dengan tabungan sampah berawal dari dirinya kenal dengan salah satu petugas di Kecamatan Sukasada bernama Ketut Gede Budiartana kemudian muncul ide inovatif tersebut untuk meringankan beban masyarakat dalam membayar pajak tanpa mengeluarkan uang pribadi dari masing masing.

Setelah warga menyetorkan sampah ke Bank Sampah Karya Dharma Bakti maka nanti akan dimasukkan ke dalam kartu tabungan sehingga dari saldo tabungan sampah tersebut nantinya akan dipotong untuk membayar PBB.

Bahkan nantinya selain anggota pihaknya akan menerima juga masyarakat yang ingin membayar PBB dengan sampah.

“Program ini tidak hanya untuk anggota, nantinya semua masyarakat khususnya di desa selat yang mau membayar pajak lewat bank sampah kami layani dengan tulus iklas,” ungkapnya, Rabu (29/7/2020).

Selain itu tabungan yang dimiliki nasabah tidak total dipakai untuk membayar PBB masing masing bisa menarik sisa setelah membayar PBB, akan tetapi nasabah tidak bisa menarik total, sebab nantinya jika ingin menarik saldo tabungan maka nasabah wajib menyisakan untuk membayar PBB tahun berikutnya agar tidak terjadi lagi keterlambatan membayar seperti tahun sebelumnya

“Dengan program ini nantinya tidak ada lagi keterlambatan membayar PBB seperti tahun tahun sebelumnya dan tidak ada denda lagi” imbuhnya.

Sementara itu Kepala UPTD BULELENG II, I Made Widiarta mengatakan bahwa pihaknya sangat berterimakasih serta berharap nantinya program yang dibuat terus berlanjut.

Sehingga kesadaran membayar pajak warga lebih meningkat dengan adanya program dari bank sampah terkait pembayaran PBB dengan menabung sampah.

Nantinya ketika ini berkelanjutan maka pencapaian PBB bisa terealisasi dengan baik sesuai target sementara Rp. 9.750.000.000 melalui program tersebut. Sebab masyarakat sudah bisa bayar PBB yang wajib setiap tahunnya dengan menggunakan tabungan dari sampah yang disetorkan ke bank.

“Kami ucapkan terimakasih banyak kepada pihak Bank Sampah Karya Dharma Bakti, sebab nantinya dengan program tersebut pembayaran PBB akan meningkat lewat program itu,” jelasnya.

Disisi lain Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Putu Ariadi Pribadi yang hadir langsung di lokasi mengungkapkan apresiasinya terhadap inovasi baru yang dilakukan Bank Sampah Karya Dharma Bakti dengan program membayar PBB lewat menabung di bank sampah.

Bahkan pihaknya berencana akan men Sounding program yang dijalankan Bank Sampah Karya Dharma Bakti kepada seluruh direktur bank sampah yang ada di Kabupaten Buleleng dengan jumlah kurang lebih 170 unit. Sehingga hal ini merupakan program yang bisa nantinya dibuatkan FGD bersama semua pihak direktur bank sampah.

“Saya sangat apresiasi dan sangat berterimakasih kepada direktur bank sampah dengan program inovasi yang baru ini, bahkan nanti akan kami kondisikan ke seluruh bank sampah yang ada di Buleleng terkait program bagus ini,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan