Bayi Laki-Laki Lahir di Kapal
Bayi Laki-Laki Lahir di Kapal
NEGARA, balipuspanews-Kapal motor penumpang (KMP) Jambo VI yang sedang berlayar dari pelabuhan  Gilimanuk menuju pelabuhan Ketapang, Banyuwangi Senin (9/12) pagi haru kembali ke G|ilimanuk. Penyebabnya karena salah satu penumpang melahirkan diatas kapal tersebut.

Setelah selesai muat, KMP Jambo VI sekitar pukul 07.25 berlayar dari dermaga Landing Craft Macine (LCM) pelabuhan Gilimanuk. Baru saja kapal berlayar sekitar 5 menit, tiba-tiba ada seorang penumpang yang se hamil tua, mengeluh sakit perut.

Melihat ada penumpang yang akan melahirkan, beberapa penumpang termasuk sopir-sopir truk dan awak kapal berusaha membantu. Beruntung tidak lama kemudian penumpang yang bernama Suryaningsih,38, asal Surabaya itu melahirkan seorang bayi laki-laki di dek bawah kapal. Peristiwa itu kemudian dialporkan oleh Lasmono,42, asal lingkungan Arum, Gilimanuk, salah satu awak KMP Jambo VI kepada Nahkoda. Mendapat laporan ada salah satu penumpang melahirkan diatas kapal, Budiyanto, nahkoda KMP Jambo VI langsung memutar haluan untuk membawa kapal kembali ke darmaga LCM Gilimanuk.

“Karena ada penumpang yang darurat melahirkan diatasbkapal, nahkoda kemudian kembali membawa kapal ke pelabuhan Gilimanuk ibu dan bayi itu cepat mendapat penanganan medis,” ujar Kapolsek Kawasan Lut Gilimanuk, AKP Gusti Nyoman Sudarsana.

Setelah kapal sandar, Suryaningsih dan bayinya kemudian dibawa ke Puskesmas, Gilimanuk dengan ambulance ASDP. Sampai di Puskesmas Gilimanuk, sekitar pukul 07.45 pasien yang melahirkan itu langsung ditangani oleh petugas medis. Dari hasil pemeriksan dokter Puskesmas Gilimanuk  Ni Luh Leli Mas Ayutini, bayi yang dilahirkan oleh penumpang itu berjenis kelamin laki-laki dengan berat 3 kilogram dan panjang 50 centimeter.

”Setelah mendapat penanganan, ibu dan bayi yang dilahirkanya dalam keadan sehat. Saat ini keduanya masih dirawat di Puskesmas Gilimanuk,” jelasnya. (nm/bpn/tim)

Facebook Comments