BCA Dukung Nusantara Academic Award dan Nusantara Writing Grant

JAKARTA, balipuspanews.com – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui Corporate Social Resposibility mendukung gelaran Nusantara Academic Award (NAA) dan Nusantara Writing Grant (NWG) yang diadakan oleh Nusantara Institute, sebuah lembaga riset dan kajian ekstra kampus yang fokus di bidang studi agama, budaya, tradisi, dan kerajaan lokal di Indonesia.

NAA, yang dilakukan sejak tahun 2019, merupakan ajang tahunan kompetisi nasional untuk memilih naskah tesis magister atau disertasi doktor berkualitas dari berbagai kampus di Indonesia, sedangkan NWG adalah ajang kompetisi nasional untuk memilih proposal penulisan tesis magister maupun disertasi doktor berkualitas untuk mahasiswa yang sudah selesai melakukan tahap penelitian. Topik tesis maupun disertasi yang diajukan untuk mengikuti kompetisi NAA maupun NWG harus sesuai dengan visi, misi, dan platform Nusantara Institute.

Baca Juga :  Peringati HUT Provinsi Bali ke-64 dan Hari Pramuka, Bupati Sedana Arta Menjadi Inspektur Upacara di Alun-alun Kota Bangli

Tahun 2021 ini ada sekitar 115 naskah tesis magister maupun disertasi doktor yang diajukan oleh para pelamar dari berbagai kampus di dalam negeri maupun mancanegara. Sedangkan untuk NWG ada lebih dari 130 proposal, baik tesis maupun disertasi, yang diajukan.

Proses penyeleksian NWG maupun NAA berlangsung sangat ketat dimulai dari seleksi internal oleh Nusantara Institute untuk memilih sejumlah kandidat (shortlisted candidates) yang layak untuk diwawancarai via daring (Zoom) oleh tim panelis atau dewan juri yang terdiri dari para sarjana, akademisi, ahli (expert), dan spesialis yang sesuai dengan topik tesis/disertasi, selain dari Nusantara Institute.

Proses wawancara untuk memilih kandidat penerima NAA maupun NWG tahun 2021 ini dilakukan pada bulan Februari dan Maret. Sebelum sesi wawancara, acara selalu dibuka terlebih dahulu oleh Direktur Nusantara Institute, Sumanto Al Qurtuby untuk menjelaskan tentang mekanisme penilaian, penyeleksian, dan seluk-beluk NAA maupun NWG.

Baca Juga :  Kasus Perusakan dan Pembakaran Rumah di Desa Julah Dihentikan

“Saya berharap kegiatan ini dapat menginspirasi para akademisi dan peneliti muda untuk terus menggali, mengeksplorasi, mengkaji, dan melestarikan kebudayaan Nusantara, khususnya melalui dunia riset dan aktivitas akademik,” kata Sumanto dalam rilisnya Minggu (4/4).

Sementara itu, EVP CSR BCA Inge Setiawati dalam sambutannya menjelaskan tentang komitmen BCA dalam upaya dukungan pelestarian keanekaragaman kebudayaan Nusantara.

“Pelestarian dan penghormatan terhadap kultur dan budaya yang beragam di Indonesia mutlak dibutuhkan mengingat bangsa ini merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. BCA berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan positif seperti ini. Kami percaya dengan adanya dukungan terhadap pelestarian kebudayaan ini akan semakin mempererat persatuan Indonesia dengan makna ‘Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Baca Juga :  Semarakan HUT RI ke-77, Sekda Adi Arnawa Lepas Singasari Fun Bike 2022

“Kami yakin bahwa kegiatan yang memiliki tujuan mulia pasti akan kembali baik sesuai dengan tujuan awalnya. Inilah yang menjadi dasar juga bagi Bakti BCA untuk mendukung berjalannya kegiatan ini sampai dengan ke tahap penjurian akhir nanti,” EVP CSR BCA Inge Setiawati.

Penulis/editor: Ivan Iskandaria.