Jumat, April 19, 2024
BerandaBulelengBegini Skema Tahapan Simulasi Vaksinasi Covid-19 di RS Tingkat IV Singaraja

Begini Skema Tahapan Simulasi Vaksinasi Covid-19 di RS Tingkat IV Singaraja

BULELENG, balipuspanews.com – Sebelum diadakannya vaksinasi di 22 titik yang direncanakan. Beberapa rumah sakit melakukan simulasi seperti Rumah Sakit TNI AD Tingkat IV Singaraja, yang pada Jumat (8/1/2021) pagi, telah menggelar kegiatan simulasi vaksinasi Covid-19.

Dalam simulasi ini ada skema yang harus dilakukan sebagai upaya persiapan bagi tenaga medis yang nantinya akan melakukan vaksinasi terhadap masyarakat di rumah sakit itu.

Sebelum memulai mengikuti kegiatan para peserta dalam kegiatan simulasi ini atau masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan.

Tahap pertama peserta terlebih dahulu mencuci tangan ditempat yang sudah tersediakan kemudian, petugas akan melakukan pengecekan suhu tubuh.

Tahap kedua peserta akan didata di meja pertama untuk melakukan pendaftaran dan pendataan.

Tahap ketiga peserta menuju meja kedua dimana peserta akan diskrining dan di cek tekanan darah serta kondisi kesehatannya sebelum mengikuti vaksinasi Covid-19.

Tahap keempat peserta akan di ajak ke meja ketiga yang dimana peserta akan di imunisasi vaksin Covid-19, apabila peserta setelah disuntik vaksin mengalami gejala yang diluar dugaan para petugas sudah siap membawa pasien ke ruang IGD. Namun jika tidak ada gejala maka peserta akan menuju ke tahap selanjutnya yaitu tahap kelima yaitu tempat untuk observasi dan pencatatan.

BACA :  Bantah Galang Dukungan, Ini Jawaban Camat dan Perbekel Klungkung Datangi Bupati Giri Prasta

Koordinator Vaksinasi di Rumah Sakit Tingkat IV TNI AD Singaraja yang juga Pjs Kepala RS Tingkat 4 Singaraja, Letkol Ckm dr. Komang Agus Wirawan, Sp.B mengatakan, simulasi vaksinasi ini dilakukan sebagai langkah persiapan rumah sakit Tingkat IV Singaraja yang telah ditunjuk sebagai pelaksana pelayanan vaksinasi yang digelar nanti secara serentak di seluruh Indonesia.

“Rumah sakit Tingkat IV Singaraja sudah terverifikasi untuk melayani masyarakat baik itu TNI-Polri yang akan melakukan vaksinasi. Maka itu persiapan matang harus kami lakukan,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan itu, Ia memgaku tak ada target dalam kegiatan simulasi ini. Hanya saja seluruh personil yang ada di rumah sakit TNI AD Tingkat IV Singaraja yang sudah masuk dalam sprint berdasarkan data dari pusat, wajib melakukan vaksinasi Covid-19 ini.

“Masyarakat menentukan dimana melakukan vaksin. Yang jelas kami di rumah sakit Tingkat IV Singaraja sudah siap melakukan pelayanan vaksinasi, selain puskesmas yang ditunjuk sebagai pelaksana untuk vaksinasi,” ujarnya.

Ia pun berharap, dengan kegiatan simulasi ini, petugas bisa melaksanakan tugas sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan.

BACA :  Puncak Arus Balik, Bandara Ngurah Rai Layani 77 Ribu Lebih Penumpang

“Kami juga sudah siapkan dokter spesialis, perawat yang sudah mengikutu pelatihan di Provinsi termasuk anggota lain,” tandasnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular