Pipa Pasimas Belum Rampung Terpasang.
Pipa Pasimas Belum Rampung Terpasang.
sewa motor matic murah dibali

NEGARA, balipuspanews.com- Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pasimas) yang dibangun di kelurahan Pendem, Jembrana dipertanyakan. Sebab, hingga kini proyek yang dibangun setahun lebih itu belum rampung.

Pembangunan Pasimas itu sangat diharapkan warga lingkungan Pancardawa dan Dewasana yang sering mengalami krisis air saat musim kemarau seperti sekarang ini. Dimana mereka sejak tiga bulan kesulitan air bersih dan harus mencari air di sungai atau di kubangan.

“Air dari pipa yang kami pasang  dari embung di hulu sungai tidak mengalir,” ujar seorang warga Minggu (6/10).

Warga yang mengetahui ada program Pasimas awalnya merasa terbantu. Namun kenyataannya pipa untuk Pasimas yang rencananya akan menyalurkan air langsung dari sumber air di hutan hingga sekarang belum terealisasi.

Bahkan pipa-pipa berukuran besar yang belum terpasang  masih tertumpuk di hutan. Sekitar obyek Puncak Mawar. Padahal dari informasi, pipa-pipa itu sudah datang setahun lebih.

“Kami sangat mengharapkan pipa itu segera dipasang dan bisa mengalirkan air sehingga saat musim kemarau kami tidak kesulitan air,” ujar warga lainya.

Sementara itu Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Permukiman (PUPRPP) Pemkab Jembrana, Ketut Antara  ketika dikonfirmasi mengatakan pemasangam pipa Pamsimas di kelurahan Pendem memang  terkendala karena kesibukan kelompok yang memasang secara gotong royong.

Dari pengecekan Dinas terkait program ini, bantuan yang dialokasikan tahun 2017 berupa pengadaan pipa itu sudah dilakukan. Hanya saja pemasangan belum dilakukan dan baru dua hari lalu mulai dipasang. “Karena kesibukan sehingga baru bisa dipasang.”ujarnya.  (nm/bpn/tim)