Komputer untuk pelaksanaan UNBK.

NEGARA, balipuspanews.com- Pelaksanaan ujian nasional bernasis komputer (UNBK) mandiri tahun ini masih belum bisa dialksanakan oleh semua SMAdan SMK di Jembrana.

Penyebabnya karena ada sekolah yang belum memiliki sarana dan prasarana untuk melaksanakan UNBK.

Lantaran belum bisa melaksanan UNBK secara mandiri namun siswa kelas XII beberapa SMA dan SMK bisa melaksanakan UNBK dengan menumpang di sekolah lain yang menyelenggarakan UNBK secara mandiri.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Jembrana, I Putu Prapta Arya mengatakan saat dari 14 SMA maupun Madrasah Aliyah (MA) baik Negeri maupun Swasta yang ada di Jembrana semuanya sudah mengikuti UNBK.

Tetapi masih ada sekolah yang belum menyelenggarakan UNBK secara mandiri, Salah satu penyebabnya karena keterbatasan infrastruktur di sekolah seperti perangkat dan jaringan yang harus tersedia sesuai standar.

Sekoalah yang belum menyelenggarakan UNBK secara mandiri ini merupakan SMA dan MA swasta yanki SMA SLUA Saraswati Negara, SMA SLUA Saraswati Melaya dan SMA PGRI Negara.

“Sekolah ini ikut UNBK di SMK PGRI 2 Negara. Untuk MA NU Jembrana ujiannya di MAN Negeri 1 Jembrana” ungkapnya.

Sementara Kepala MAN 1 Jembrana Wifqi Rahmi membenarkan selain peserta ujian di madrasanya, peserta ujian dari MA NU Jembrana juga bergabung UNBK di SMAN 1 Negara, Sementara untuk SMK, hanya SMK N 5 Pekutatan yang masih gabung dengan sekolah lain.

Kepala SMK Negeri 5 Negara, I Ketut Suartika dikonfirmasi mengakui peserta ujian di sekolahnya mengikuti UNBK di SMA N 1 Pekutatan.

“Kami punya computer 30 unit, tapi ruang laboratorium komputernya yang tidak ada, sehingga kami bergabung ke SMA N 1 Pekutatan yang juga koputernya masih kurang sehingga computer kami juga digunakan,” ujarnya. (nm/bpn/tim)