BEM Sekolah Vokasi Unwar Berbagi Pengalaman Dunia Pendidikan Tinggi

Bersama Wakil Rektor III, Direktur Sekolah Vokasi Unwar beserta Jajaran, usai Vocashare di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar, Kamis (28/4/22) lalu
Bersama Wakil Rektor III, Direktur Sekolah Vokasi Unwar beserta Jajaran, usai Vocashare di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar, Kamis (28/4/22) lalu

DENPASAR, balipuspanews.com – Guna melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, berdaya saing dan mampu menjawab tantangan global, maka pendidikan vokasi adalah perguruan tinggi yang mampu menjawab kebutuhan akan SDM yang dicari dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Pentingnya akan informasi penting pendidikan vokasi, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Vokasi Universitas Warmadewa (Unwar) menyelenggarakan Vocanational Sharing (Vocashare) di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar, Kamis (28/4/22) lalu.

Kegiatan yang mengangkat tema “Implementasi Kreatifitas, Solidaritas, dan Pengetahuan Unggul yang Berdaya Saing Global Bersama Vokasi Universitas Warmadewa” ini dilaksanakan secara hybrid.

Vocashare merupakan kegiatan spektakuler yang terdiri dari agenda Expo Vokasi wilayah Bali-Nusra dengan tujuan berbagi informasi, motivasi, pemahaman dan pengetahuan tentang sistem pendidikan perguruan tinggi.

Baca Juga :  Jelang Pemilu 2024, KPU Buleleng Gelar Sosialiasi Tahapan Pencalonan Anggota DPD

Acara dibuka oleh Rektor Unwar yang diwakili oleh Wakil Rektor III dan dihadiri oleh Direktur Sekolah Vokasi, Sekretaris Sekolah Vokasi, Kaprodi dan Dosen di lingkungan Sekolah Vokasi, Staf TI Sekolah Vokasi Unwar, Kabag Kemahasiswaan, Lembaga Kemahasiswaan Sekolah Vokasi.

Direktur Sekolah Vokasi, Ir. I Gede Pariutama Westra menyampaikan, tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan keberadaan Sekolah Vokasi Unwar agar lebih dikenal oleh adik-adik SMA/SMK se-Bali Nusra.

Pendidikan professional/vokasi merupakan pendidikan yang diarahkan terutama pada kesiapan penerapan keahlian tertentu. Selama perkuliahan mahasiswa akan lebih banyak dibekali keterampilan atau praktek dengan harapan nantinya para lulusan bisa lebih siap dalam menghadapi era globalisasi.

Baca Juga :  TOSS Klungkung Raih Penghargaan TOP 5 Inovasi Pelayanan Publik Sangat Terpuji 2022

“Sekolah Vokasi Unwar mulai beroperasi pada tahun 2019 dan sudah memiliki tiga prodi vokasi, diantaranya Prodi D4 Akuntansi Perpajakan, Prodi D3 Sistim Informasi Akuntansi dan Prodi D3 Teknologi Telekomunikasi,” terangnya memungkasi.

Sementara Wakil Rektor III Unwar, Dr. Ir. I Wayan Parwata, M.T., IPU., Asean.Eng., menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada panitia karena sudah menggelar acara sosialisasi ini. Dilihat dari jumlah mahasiswa, perkembangan Sekolah Vokasi Unwar dikatakan sudah luar biasa.

Pendidikan Vokasi, sambung Parwata, merupakan pendidikan dengan penekanan pada keahlian praktikal yang dibutuhkan langsung oleh dunia kerja. Upaya lain dari pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan vokasi adalah melakukan revitalisasi pendidikan vokasi.

Baca Juga :  Terkendala Kabel Bawah Laut, Pembangunan Senderan Nungkak 50 Meter

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa lulusan vokasi memiliki bekal keterampilan yang lebih selama perkuliahan.

“Lulusan vokasi akan lebih siap memasuki dunia kerja karena selama kuliah mahasiswa digodok dengan matang lewat kuliah-kuliah prakteknya,” jelasnya.

Parwata menegaskan dengan gelar diploma, lulusan vokasi sudah memiliki kemampuan untuk terjun langsung ke lapangan bahkan jika ingin menambah ilmu mereka bisa melanjutkan ke jenjang Strata-1.

Penulis: Budiarta

Editor: Oka Suryawan