Minggu, Juli 21, 2024
BerandaBulelengBendera Merah Putih Berkibar di Bawah Laut Penimbangan

Bendera Merah Putih Berkibar di Bawah Laut Penimbangan

BULELENG, balipuspanews.com – Berbagai macam cara dilaksanakan memperingati HUT RI ke-78. Misalnya seperti di Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Buleleng belasan penyelam Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Penimbangan Lestari melaksanakan pengibaran sejumlah bendera merah putih di bawah laut, Kamis (17/82023).

Ketua Pokmaswas Pantai Penimbangan Gede Wiadnyana menyampaikan upacara pengibaran bendera di bawah laut memang rutin digelar. Dimana upacara berlangsung dari pukul 08.30 WITA sampai 09.15 WITA. Namun sebelum melaksanakan upacara dibawah laut, para penyelam yang jumlahnya ada 17 orang sudah menyiapkan untuk tiang bendera yang juga ditenggelamkan di dalam laut dengan kedalaman 8 meter.

“Untuk upacara pengibaran tahun ini kami lakukan tepat di kedalaman 8 meter dengan 17 bendera yang dibawa masing-masing penyelam dan 1 bendera dikibarkan bersama dan sorenya biasa kami turunkan kembali benderanya,” ungkap Gede Widnyana saat dikonfirmasi via telepon.

Bagi Pokmaswas Penimbangan Lestari, kata Widnyana pengibaran bendera merah putih di bawah laut adalah sebuah luapan ekspresi sekaligus kebanggaan bisa ikut merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Disamping itu melalui kegiatan upacara dibawah laut, Ia bersama anggota lainnya menggelorakan semangat konservasi alam bawah laut dengan bersih-bersih pantai sekaligus pelepasliaran 78 ekor tukik hasil penangkaran.

BACA :  Kunjungi TK Negeri Pejukutan, Dewan Temukan Sekolah Tidak Miliki Toilet

“Tadi juga kita lakukan beach clean up dan pelepasan 78 ekor tukik ke laut lepas. Ya tentu tujuannya bagaimana agar menjaga ekosistem tukik dan bawah laut di Pantai Penimbangan khususnya bisa tetap lestari,” tegas dia.

Menurutnya, upaya konservasi terumbu karang yang juga dilakukan Pokmaswas di Pantai Penimbangan telah membuahkan hasil. Sebab selama ini di perairan sekitar nampak hamparan terumbu karang tumbuh baik secara alami. Keberhasilan itu ditandai dengan munculnya berbagai jenis ikan atau satwa laut yang menandakan ekosistem bagus.

“Jadi saya kira cukup berhasil, buktinya ada berbagai jenis ikan dan penyu tetap mau datang bertelur kesini,” pungkas dia.

Adapun kegiatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pantai Penimbangan kemarin juga diikuti Dinas Perikanan dan Kelautan Bali, BKSDA Bali, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Buleleng, Dinas Pariwisata Buleleng, BPSPL Denpasar, Jurusan Kelautan Undiksha, TNI-Polri serta masyarakat setempat.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular