Jumat, Juni 21, 2024
BerandaNewsBentuk Opini Polri yang Positif, Waka Polres Tabanan Siaran Interaktif Disalah Satu...

Bentuk Opini Polri yang Positif, Waka Polres Tabanan Siaran Interaktif Disalah Satu TV Lokal

TABANAN, balipuspanews.com – Bertujuan untuk membentuk opini positif terhadap kinerja Polri guna terwujudnya trust building (kepercayaan) masyarakat dan menjadikan masyarakat sebagai partnership dalam membangun harkamtibmas yang kondisif serta untuk mensukseskan program pemerintah dalam upaya penanggulangan penanganan pandemi Covid-19, Polres Tabanan telah melaksanakan berbagai upaya. Salah satunya dengan melaksanakan siaran interaktif.

Seperti halnya yang berlangsung pada Rabu (8/9/2021) atas seijin Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, SIK., MH., bertempat di Bali TV Denpasar, Waka Polres Tabanan Kompol I Ketut Gelgel, S.Sos., melaksanakan siaran interaktif dalam acara Halo Kamtibmas disalah satu stasiun televisi lokal di Bali. Interaktif ini juga menghadirkan akedemisi Prof. I. K. Setiabhudi sebagai narasumber.

Dalam interaktif tersebut Waka Polres Tabanan menyampaikan tentang perkembangan situasi umum kamtibmas di jajaran Polres Tabanan. Iapun menyampaikan gambaran singkat tetang situasi umum (Astagatra) wilayah hukum Polres Tabanan.

Terkait penanganan pandemi Covid-19, Gelgel memaparkan bahwa Polres Tabanan telah melakukan berbagai upaya. Terutama penanganan Covid-19 dengan mennyukseskan program presisi Kapolri.

BACA :  Masuk “Radar” Golkar, Lanang : Kami Tidak Kemana-mana, Tapi Ada Dimana-mana

“Sampai saat ini situasi kamtibmas Tabanan aman kondusif. Untuk penanganan Covid-19 kami telah melakukan berbagai upaya,” ungkapnya.

Ia memaparkan berbagai upaya tersebut. Diantaranya menggelar Yustisi gabungan bersama instansi terkait dan juga melibatkan unsur non formal seperti tokoh adat dan tokoh agama. Pihaknya juga gencar melakukan pendisiplinan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di ruang publik. Termasuk melakukan penyekatan guna mengurangi mobilitas masyarakat.

Selain itu imbuhnya, Polres Tabanan dan jajaran juga gencar mensosialisasikan prokes kepada masyarakat. Termasuk juga dengan melakukan pembagian masker, pendistibusian sembako dan melaksanakan 3T (testing) atau (pemeriksaan dini), tracing ( pelacakan) dan perawatan (treatment).

“Kami juga beberapa kali telah menggelar Gerai Vaksinasi TNI – Polri massal sampai ke pelosok desa dan melakukan penyemprotan disinfektan, menjemput OTG ke tempat isolasi terpusat. Dimasing-masing desa terus diaktifkan kegiatan Posko Tangguh Dewata,” terangnya.

Sedangkan dibidang pelayanan, Gelgel menyebutkan jajaran Polres Tabanan telah melakukan terobosan dalam rangka mensukseskan program Presisi Kapolri yang berbasis IT. Diantaranya pelayanan publik Call Centre 110 selama 24 jam (melayani pengaduan, laporan adanya kejadian dan informasi lainnya), memberikan layanan SIM Drive Thru (layanan perpanjangan SIM C dengan singkat, cepat) dan layanan Prima Samsat Drive True (Samsat Gelis).

BACA :  Maksimalkan Kepedulian Masyarakat untuk Cegah Kekerasan pada Anak

“Selain itu kami juga telah melaksanakan layanan Prima SKCK On line (berbasis IT Web polrestabanan,net ), layanan penyidikan yang transparan melalui surat pemberitahuan perkembangan penyidikan (SP2HP) secara oneline dan transparansi penggunaan anggaran yang dapat diakses oleh publik melalaui web polrestabanan.net,” jelasnya.

“Prof. I.K. Setiabhudi selaku akademisi sangat mengapresiasi positif langkah dan upaya Polres Tabanan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Utamanya dalam percepatan vaksinasi massal nasional. Polres Tabanan bersama dengan stake holder juga melakukan antar jembut kepada masyarakat yang akan disuntik vaksin. Ini sangat positif dan sangat bagus karena yang patut disadari pada intinya kita semua adalah pelayan,” sebutnya mengakhiri.

Penulis : Ngurah Arthadana 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular