Berada Peringkat Dua Setelah PNB Mampu Menangkan Empat Penelitian

Direktur PNB I Nyoman Abdi saat melakukan penandatanganan kontrak atas penelitian dari tim penelitian PNB yang mampu memenangkan hibah dari Dirjen Vokasi Kemendikbud Ristek
Direktur PNB I Nyoman Abdi saat melakukan penandatanganan kontrak atas penelitian dari tim penelitian PNB yang mampu memenangkan hibah dari Dirjen Vokasi Kemendikbud Ristek

MANGUPURA, balipuspanews.com – Politeknik Negeri Bali (PNB) kembali menorehkan prestasi ditingkat nasional setelah empat penelitiannya lolos dan mampu memenangkan hibah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi RI per tanggal 26 Nopember 2021 dengan Kontrak Penelitian Nomor: 0763/D6/KU.04.00/2021.

Adapun besaran hibah yang dimenangkan tim PNB dari Dirjen Vokasi Kemenndikbud Ristek RI dengan nilai hampir satu setengah miliar rupiah yaitu : Rp 1.447.264.000,- (Satu miliar empat ratus empat puluh tujuh juta dua ratus enam puluh empat ribu rupiah), merupakan kontribusi nyata para peneliti untuk memboyong anggaran dari pusat untuk dibawa ke Bali.

Direktur Politeknik Negeri Bali Nyoman Abdi, S.E., M.eCom, Abdi dalam penandatanganan kontrak terhadap peneliti, Kamis (2/12/2021), mengapresiasi semangat, kerja keras, dan kinerja para dosen dalam hal ini tim peneliti PNB yang mampu memenangkan hibah tersebut. Tentu semangat dan prestasi ini perlu dipertahankan ke depan agar PNB semakin dikenal dan mampu bersaing.

“Prestasi ini sungguh sangat membanggakan, semoga kedepannya semakin meningkat,” demikian ujar Direktur PNB asal Buleleng ini.

Abdi berharap kepada tim peneliti untuk dapat melaksanakan proses penelitian ini tepat waktu, tepat target dan akuntabel, sehingga luaran penelitian dapat tercapai dengan baik serta berhasil guna bagi masyarakat dan DUDI, hal ini penting dilakukan karena perjuangan untuk kemenangan 4 tim peneliti PNB diantara 66 pemenang dari 960 kompetitor tidaklah mudah.

“Inilah bukti keunggulan Politeknik Negeri Bali yang harus dipertahankan hingga akhir penelitian ini serta dikembangkan lagi kedepannya,” harapnya dengan tegas.

Abdi menambahkan, kemenangan penelitian terapan ini oleh empat tim peneliti ini menempatkan Politeknik Negeri Bali di papan atas hibah dari Direktur Mitrasdudi ini. Kemenangan empat tim ini menempatkan Politeknik Negeri Bali dalam rangking kedua di bawah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya yang sukses memenangkan lima tim penelitinya.

Karena penelitian ini sifatnya adalah penelitian terapan, peneliti diharapkan untuk dapat mencapai luaran yang mampu menyelesaikan permasalahan yang muncul. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah hasil penelitian ini juga harus layak jual.

Jika hasil penelitian canggih, tetapi harganya terlalu mahal, tentu tidak akan dapat dimanfaatkan secara optimal. Keberhasilan empat tim peneliti ini diharapkan dapat menjadi motivasi kepada segenap civitas akademika lainnya, untuk selalu mengembangkan diri dan peduli dengan permasalahan-permasalahan yang timbul di masyarakat.

Permasalahan-permasalahan, lanjut Abdi, yang muncul inilah yang akan menjadi topik penelitian, sehingga luaran penelitian dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Lebih jauh Abdi mengungkapkan, dengan besaran hibah yang berhasil diboyong ke Pulau Dewata ini tentu akan turut serta dalam upaya memutar perekonomian Bali di masa pandemi seperti saat ini, sehingga harus dipergunakan seoptimal mungkin.

Jika hasil penelitian ini mampu meningkatkan produktivitas perekonomian di Bali tentu ini akan menimbulkan multiplier efek terhadap perekonomian Bali yang sedang lesu saat ini. Dan tak lua juga Direktur mengucapkan selamat kepada tim peneliti PNB.

“Selamat kepada empat tim peneliti PNB yang telah berhasil memboyong hibah dari pusat ke Bali. Semoga dapat menyelesaikan penelitian dengan baik dan tepat waktu,” pungkas Abdi.

Adapun Penelitian yang berhasil memenangkan hibah dari PNB antara lain: (1) Judul Riset “Integrated Tourism Village System (IToViS) Untuk Digitalisasi Desa Wisata dan Peningkatan Perekonomian Masyarakat” dengan Tim Periset: Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari Sarja, ST., MT, I Made Riyan Adi Nugroho, S.SI.,M.T, I Gde Agus Jaya Sadguna, SST. Par., M.Par, Drs. I Nyoman Meirejeki, M.M, I Kadek Rama Surya Permana, dan I Ketut Sangid Astawa.

(2) Judul Riset “Pengembangan Alat Uji Kompetensi Bahasa Inggris Online Untuk Tenaga Keperawatan (English For Nurses” dengan Tim Periset: I Made Rai Jaya Widanta, I Made Ardana Putra, Ni Nyoman Asti, Putu Citananta Indrawan Sloka, dan Made Simayodika.

(3) Judul Riset “Tangan Robot Pemasang (Tekep Isolator Klem Isolator Tarik) Untuk Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (Pdkb) 20 Kv” Tim Periset : Dr. Ir. I Wayan Jondra, M.Si., I Gede Suputra Widharma, ST, M.T, I Gede Nyoman Suta Waisnawa, S.S.T., M.T, Ni Putu Susri Aprilian Iriani, Dewa Made Haruna Putra, dan Ida Bagus Yogi Pramana Putra.

Sementara Penelitian (4) Judul Riset “Rancangan Upv Stabilizer Untuk Meningkatkan Akurasi Pengukuran Kedalaman Retak Dan Kuat Tekan Beton” dengan Tim Periset: Fajar Surya Herlambang, Evin Yudhi Setyono, I.G.A. Neny Purnawirati, I Gusti Agung Oka Sudiadnyani, I Gede Putu Adipratama, dan Ni Made Denita Diah Rukmawati.

Penulis: Budiarta

Editor: Oka Suryawan

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
Exit mobile version