Wabup Kembang serahkan bantuan beras untuk lansia di desa Kaliakah
Wabup Kembang serahkan bantuan beras untuk lansia di desa Kaliakah

NEGARA, balipuspanews.com – Progran bantguan beras untuk Lansia direalisasikan Kamis (4/6). Beras untuk lansia itu disalurkan oleh Wabup Jembrana I Made Kembang Hartawan secara simbolis di desa Kalikah, Negara.

Kepala Dinas Sosial Jembrana I Made Dwipayana mengatakan program pemberian sembako berupa beras kepada lansia/jompo yang kurang mampu dari pemerintah Kabupaten Jembrana ini telah ditenderkan.

Pelaksanaan tender pada bulan februari. Sedangkan kontraknya dilaksanakan pada bulan juni dan juli, kebetulan bertepatan dengan pandemi covid-19 ini.

“Jadi ini program dari pemerintah daerah Jembrana melalui dinas sosial ditujukan kepada lansia/jompo yang kurang mampu . Bantuan ini berbeda dengan bantuan covid-19,” terangnya.

Bantuan ini disalurkan kepada 1322 orang lansia se-Jembrana. Setiap 1 orang lansia perbulannya mendapatkan 7 kilogram beras selama satu tahun.

“Total masing-masing lansia akan menerima bantuan sebanyak 84 kg beras. Didistribusikan satu tahun 2 kali. Untuk tahap pertama pada bulan juni sedangkan tahap kedua akan berlangsung pada bulan oktober,” jelasnya.

Wabup I Made Kembang Hartawan menyampaikan bantuan itu wujud kekepedulian pemerintah daerah terhadap lansia khususnya mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Bantuan disalurkan melalui pos anggaran dinas Sosial Jembrana, kepada 1322 orang penerima se-Jembrana.

Program penyaluran bantuan yang disalurkan ini sudah berjalan sejak 5 tahun lebih dan ditunjukan langsung kepada warga lansia jompo.

“Hari ini kita salurkan khusus bagi warga lansia di desa Kaliakah. Di desa Kaliakah kita salurkan bantuan kepada penerima sebanyak 40 orang,” ujarnya.

Bantuan beras yang disalurkan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-sehari bagi lansia yang secara fisik maupun usia memiliki keterbatasan sehingga tidak produktif.

Penulis/editor : Anom