Senin, Juni 17, 2024
BerandaNewsBerbagai Manfaat Dirasakan Masyarakat Melalui Intensitas Monitoring Program AKU HATINYA PKK Kabupaten...

Berbagai Manfaat Dirasakan Masyarakat Melalui Intensitas Monitoring Program AKU HATINYA PKK Kabupaten Tabanan

TABANAN, balipuspanews.com – Selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya secara intens melakukan monitoring AKU HATINYA PKK “Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman” ke Desa-desa yang ada di Kabupaten Tabanan guna memantau perkembangan yang dilakukan masyarakat dalam menciptakan rumah percontohan atau rumah imbas dengan memanfaatkan pekarangan berbentuk taman rumah tangga.

Kali ini, Jumat (11/6/2021), dengan didampingi oleh Kepala Dinas Sosial dan P3A Tabanan, beberapa pengurus TP PKK Kabupaten, serta bekerja sama dengan GOW Kabupaten Tabanan dan mengajak Relawan Bali, Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan menyambangi beberapa rumah percontohan dan rumah imbas di Desa Bongan Kecamatan Tabanan dan Desa Berembeng, Kecamatan Selemadeg.

Dalam kunjungannya kali ini, selain mengagumi upaya masyarakat dalam melakukan inovasi dan kreativitas untuk memaksimalkan lahan pekarangan yang tertata rapi dan asri, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya juga berkesempatan berbincang dan berbagi pemahaman mengenai tujuan program AKU HATINYA PKK terhadap masyarakat setempat.

Ia berharap program ini agar manfaatnya dapat dirasakan untuk keluarga dan orang disekitar terlebih dahulu dan untuk kedepannya, alangkah lebih baik jika masyarakat bisa mengembangkan tanaman yang bernilai ekonomis, sehingga mampu memberikan keuntungan bagi keluarga apalagi disaat pandemi yang masih berlangsung saat ini.

BACA :  Belasan Pelajar di Klungkung Ikuti LKBB Tingkat Nasional

Seperti halnya warga di Desa Berembeng, Selemadeg yang lebih mengedepankan kreatifitas dalam mengembangkan tanaman hias bernilai jual tinggi, seperti bonsai, tanaman pangan seperti kunyit putih, tomat, cabai dan tanaman khas daerah serai wangi, yang bisa diolah menjadi minyak gosok, sehingga nantinya mampu memberikan nilai ekonomis bagi keluarga.

Menurutnya, hal itu merupakan langkah yang positif dalam rangka mewujudkun visi misi Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM), mulai dari tingkat terkecil yaitu keluarga. Kalau program ini benar-benar dilaksanakan secara disiplin, maka tak pelak dikatakannya akan sangat menguntungkan bagi warga.

“Setelah tadi saya berkunjung di dua desa, semua sudah masuk kriteria AKU HATINYA PKK, cuma rata-rata masih kurang disempurnakan. Jadi unsur-unsurnya sudah ada, seperti tanaman obat, tanaman pangan, dan lainnya sekaligus tanaman hias, namun penataannya perlu disempurnakan kembali,” ujar Ny. Rai Wahyuni usai melakukan kunjungan di Desa Berembeng.

Ia berpesan kepada warga agar menanam tanaman yang memiliki nilai ekonomis di pekarangan rumah, sehingga menghasilkan dan menambah pendapatan keluarga. Ia juga berharap agar segera desa-desa yang belum dikunjunginya bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi.

BACA :  DPRD Bali Launching e-Audiensi, Layanan Publik untuk Audiensi dan Demo

Dalam kesempatan itu, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya yang juga selaku Ketua K3S Kabupaten Tabanan membawa misi program rehabilitasi sosial bagi lansia di Kabupaten Tabanan, dengan memberikan bantuan kursi roda kepada dua orang lansia yang bekerjasama dengan Dinas Sosial dan P3A Kabupaten Tabanan dan Relawan Bali.

Kedua lansia yang menerima bantuan saat itu adalah lansia asal Desa Dajan Peken Nengah Sumanda dan lansia asal Banjar Subamia Dencarik, Desa Subamia, Tabanan. Pihak keluarga yang mendampingi saat itu, mengucap syukur dan terimkasihnya atas bantuan yang diberikan.

Penulis : Ngurah Arthadana 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular