Desa Tojan gelar pelatihan tata rias Wajah dan Sanggung Bali serta pelatihan buat rempeyek
Desa Tojan gelar pelatihan tata rias Wajah dan Sanggung Bali serta pelatihan buat rempeyek
sewa motor matic murah dibali

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Untuk memberdayakan perempuan di Desa Tojan,KLungkung yang dikomandani Wayan Suastawa terus berinovasi untuk mewujudkan cita cita mulia tersebut. Setelah digodok melalui Rapat Musdes akhirnya diputuskan untuk mengenjot dan memberdayakan kaum perempuan di Desa Toja ini dengan menggelar berbagai latihan ketrampilan.

Untuk mengaplikasikan maksud tersebut Desa Tojan menggelar dua kegiatan sekaligus. Diawali dengan menggelar pelatihan pembuatan kerupuk rempeyek yang dilaksanakan sejak selasa (18/6) sampai dengan Rabu( 19/60 ,sementara itu Pelatihan tata rias wajah dan sanggul wanita Bali dilaksanakan mulai Rabu( 19/ 6) sampai dengan Jumat( 21/6) ini.

“ Kita menggelar dua jenis pelatihan untuk memberdayakan Perempuan yang ada di Desa Tojan ini,”terang Perbekel Suastawa yang juga saudara dari seorang Guru besar Univ Ganesha Singaraja..

Sebagai pemerakarsa kegiatan , Kasi pelayanan desa Tojan Ni Made mustini ditemui disela sela Pelatihan menyatakan bahwa Kegiatan tata rias wajah dan sanggul Bali bekerja sama dengan LPK Nila. Menurutnya saat ini Desa Tojan menggelar dua kegiatan untuk memberdayakan perempuan sekaligus .

Mengawali kegiatan Pelatihan Pembuatan Rempeyek digelar sejak selasa (18/6) sampai dengan Rabu(19/6) serta Pelatihan tata rias wajah dan sanggul bali mulai 19/ 6 s/d 21/6 selama tiga hari.Sementara untuk peserta pembuatan Rempeyek diikuti oleh 60 orang ibu ibu warga Desa Tojan .

Sedangkan untuk pelatihan Tata rias wajah dan sanggul Bali diikuti 25 orang yang juga pesertanya keseluruhan kalangan wanita desa setempat .

” Semua peserta wanita kita ambil dari warga tojan sendiri,”ujar Mustini.

Menurutnya diharapkan dari kegiatan ini supaya para wanita produktif desa Tojan bisa mempraktikkan dan mampu membuat usaha mandiri untuk menunjang ekonomi keluarganya  termasuk untuk menggerakkan ekonomi masyarakat termasuk usaha masyarakat pedesaan .

Sementara untuk peserta pelatihan tata rias wajah dan sanggul Bali bisa minimal mempraktikkan untuk diri sendiri maupun baik untuk membuka usaha salon dilingkungannya.

Sementara untuk menunjang pendanaan Kegiatan produktif untuk masyarakat Desa Tojan ini menurut staf Admin Desa Tojan Ni Nyoman Yuliani menyebutkan pembiayaan dari kegiatan pemberdayaan perempuan desa Tojan ini diambilkan dari dana desa pusat ADD untuk pelatihan rempeyek sekitar Rp 7 .149.000 ,sementara untuk pelatihan tata rias wajah dan sanggul Bali Rp 15.844.817. (Roni/bpn/tim).