Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaDenpasarBeri Ruang Bagi Pande Muda Bali, Pameran Keris Kadutan Lokalan Bali Dibuka

Beri Ruang Bagi Pande Muda Bali, Pameran Keris Kadutan Lokalan Bali Dibuka

DENPASAR, balipuspanews.com – Pameran Keris Kadutan Lokalan Bali Tahun 2024 secara resmi telah dibuka. Pameran yang digelar di Ruang Pameran Gedung Dharma Negara Alaya, Kota Denpasar dibuka langsung oleh Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Jumat (14/6/2024).

Kegiatan yang merupakan rangkaian pelaksanaan D’Youth Fest 4.0 ini merupakan wahana untuk memberikan ruang apresiasi bagi Pande Keris Muda Bali serta memberikan pemahaman bagi generasi muda tentang Keris Bali.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara yang dalam kesempatan itu didampingi Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengapresiasi atas pelaksanaan Pameran Keris Kadutan Lokalan Bali Tahun 2024 ini.

Pihaknya menuturkan kegiatan yang masih satu kesatuan dengan pelaksanaan D’Youth Fest ini diharapkan mampu memberikan ruang bagi Mpu Pande Muda Bali. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan edukasi sekaligus menjaga kelestarian Keris Bali sebagai benda budaya yang sangat melekat dengan tradisi Bali.

“Tentu dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih serta apresiasi kepada Panitia yang dalam hal ini Pakdek Unggit, serta seluruh Mpu Pande dan peserta pameran yang telah mendukung acara ini, semoga kegiatan ini dapat mendukung eksistensi Keris Kadutan Bali, serta memberikan edukasi bagi generasi muda tentang Keris Bali,” ujarnya.

BACA :  DPR Ingatkan 4 Hal Harus Ada agar Kualitas Pilkada Dinilai Baik

Ketua Panitia Kegiatan, I Kadek Darma Apriana alias Dek Unggit Desti menjelaskan, Pelaksanaan Pameran Keris Kadutan Lokalan Bali Tahun 2024 mengusung tema yakni Atangi Ring Ageni.

Dek Unggit mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan mampu memberikan ruang dan kesempatan bagi Mpu Pande Muda Bali untuk memamerkan karyanya. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan ruang bagi generasi muda untuk belajar tentang Keris Bali, baik dari segi fungsi, manfaat, hingga cara merawat.

Dikatakannya, pada pameran kali ini, sebanyak 56 Keris Kadutan dari seluruh kabupaten/kota se-Bali turut di pamerkan. Hal ini merupakan karya Mpu Pande Muda dari seluruh Bali.

Bahkan, pada pelaksanaan kali ini, Keris Ki Katonjaya Tatasan koleksi Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dan keris yang menggunakan bahan pasir dari Pesisir Muntig Siokan Sanur juga turut meramaikan pelaksanaan pameran. Selain keris, juga turut dipamerkan karya Topeng, Tapel hingga lukisan khas Bali.

“Semoga pelaksanaan pameran Keris Lokalan Bali ini dapat menambah wawasan bagi masyarakat luas serta anak muda Bali tentang pengetahuan Keris Lokalan Bali, sehingga secara berkelanjutan Keris Bali tetap ajeg dan lestari,” ujarnya.

BACA :  Satpol-PP Pariwisata Buleleng Hadir Dengan Seragam Baru, Kasat Sebut Agar Terlihat Lebih Ramah

Usai membuka pelaksanaan Pameran Keris Kadutan Lokalan Bali Tahun 2024, Wali Kota Jaya Negara bersama seluruh undangan tampak meninjau satu persatu karya Keris Bali yang dipamerkan. Selanjutnya, seluruh undangan turut menyaksikan pemutaran Video Keris Bali dengan menampilkan berbagai proses pembuatan Keris Bali.

Selama pelaksanaan kegiatan turut dihadiri Anggota DPRD Provinsi Bali, AA Gede Agung Suyoga, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali, Dewa Made Mahendra Putra, Tokoh Masyarakat, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna, Bendesa Adat Kesiman, I Ketut Wisna serta Mpu Pande Keris Muda Bali serta undangan lainnya.

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular