Beringin Keramat Berusia Ratusan Tahun Tumbang Timpa Pura

Pohon beringin berusia ratusan tahun tumbang
Pohon beringin berusia ratusan tahun tumbang

KARANGASEM, balipuspanews.com – Pohon beringin berusia ratusan tahun roboh dan menimpa sejumlah bangunan pura diwilayah Banjar Dinas Sega, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem Selasa (3/3/2020).

Berdasarkan penuturan warga setempat, pohon beringin tersebut sangat dikeramatkan keberadaanya secara turun temurun. Bahkan, pohon ini konon telah diupacari layaknya manusia seperti upacara tiga bulanan dan otonan.

“ Cerita orang tua, pohon beringin ini telah melalui sejumlah upakara selayaknya manusia, karena itu dahannya sengaja tidak dipangkas karena daunnya kerap kali dilungsur untuk sarana upakara setiap kali ada upacara besar,” terang Wayan Agus Adi Putra selaku salah satu Prajuru di Pura Desa Setempat kepada awak media.

Sebelumnya, pernah ada yang berinisiatif untuk memangkas ranting – ranting pohon beringin tersebut, namun yang terjadi justru warga bersangkutan malah kena musibah usai melakukan pemangkasan sampai menggelar upakara guru piduka di areal pohon tersebut.

Disatu sisi, Kepala Wilayah Dusun Sega, I Komang Kari mengatakan, pohon beringin tersebut roboh menimpa beberapa bangunan yang ada di Pura Pasemetonan Arya Wang Bang Pinatih.

“ Kemungkinan pohon tumbang karena faktor cuaca yang mengakibatkan tanah disekitar pohon menjadi labil,” tandasnya.(igs/tim/bas)