Selasa, Maret 19, 2024
BerandaBadung Berjaya di Era Kerajaan, Kini Wayang Wong Kerobokan Tampil di Festival...

 Berjaya di Era Kerajaan, Kini Wayang Wong Kerobokan Tampil di Festival Petitenget

Badung,  balipuspanews. com – Seniman Kerobokan mementaskan tarian Wayang Wong berjudul Hanoman Duta yang sudah lama terkubur di wantilan Pura Petitenget,  Kerobokan,  Kuta,  Minggu (17/9) malam.

Era kerajaan kuno yang masih menyisakan sejarah seakan bangkit lagi pada Festival Petitenget.

Salah satu yang membuat era kerajaan itu terasa ada ketika penampilan wayang wong di wantilan Pura Petitenget,  Kerobokan.

Tak heran jika,  Kerobokan yang identik dengan urusan penjara kini mulai disulap dengan tradisi serta seni berbau tempo dulu.

“Wayang wong ini sudah punah,  senimannya sudah tutup usia dan tak ada kaderisasi melanjutkan, lantaran jejak topeng masih ada di Puri Kelodan kami dari kumpulan Seniman Kerobokan merekonstruksi tarian warisan jaman kerajaan itu,  kata Koordinator Kesenian Festival Petitenget,  I Made Agus Adi Santika ketika dimintai keterangannya Minggu (17/9) malam.

Lebih jauh,  pria yang akrab dipanggil Gus Cupak mengatakan Wayang Wong ini pada jamannya digunakan sebagai tarian saat Petoyan upacara agama di Puri.

Sampai saat ini,  tarian yang sudah 72 tahun itu terkubur masih tersimpan puluhan tapek atau topeng di Puri Kelodan.

BACA :  DISKOP UKM dan Perdagangan Gelar Diklat Uji Sertifikasi dan Kompetensi Bagi SDM Koperasi di Kabupaten Badung

 

 

Dan sampai saat ini masih proses untuk diperbaiki.

“Kami sangat bersyukur memiliki peninggalan kesenian yang sampai saat ini diakui keberadaannya oleh dunia,” ucapnya.

Ia mengatakan usai pementasan wayang wong ini dipentaskan tarian calonarang kolaborasi antara drama tari,  calonarang dan wayang

“Calonarang mengambil tema swadarmaning pengiwaan, dalam pentasnya diceritakan apa itu leak,  desti dan lain sebagainya, ” jelasnya. (art/bpn/tim)

 

 

 

 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular