Berkat JKN-KIS, Biaya Pengobatan Selamet Terbantu

Salah peserta JKN-KIS,  I Ketut Selamet
Salah peserta JKN-KIS,  I Ketut Selamet

KARANGASEM, balipuspanews.com – Tidak semua orang merasakan manfaat yang sama dari Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Manfaat JKN-KIS memang sangat komprehensif, yang membedakan adalah kondisi peserta yang memanfaatkannya memang berbeda-beda.

Seperti apa yang diceritakan salah satu peserta JKN-KIS I Ketut Selamet,51, warga asal Karangasem ini sangat bersyukur memiliki JKN-KIS, sebab setiap ia berobat, dirinya selalu mengandalkan JKN-KIS.

“Saya hanya seorang buruh dengan penghasilan tidak tetap. Saya akui tidak akan bisa rutin untuk berobat dengan biaya sendiri, maka dari itu saya sangat bersyukur memiliki JKN-KIS yang selalu menjamin pengobatan saya setiap bulan,” tegas Selamet.

Selamet menjelaskan bahwa dirinya tengah menderita sesak napas yang tergolong kronis. Apalagi pada musim dingin seperti saat ini, sesak napasnya selalu kambuh.

Oleh sebab itu, ia harus siap siaga dengan obat sesak napasnya setiap saat dan bahkan puskesmas tempatnya terdaftar memasukkannya menjadi Peserta Program Rujuk Balik (PRB) BPJS Kesehatan agar setiap bulan ia dapat rutin mengambil obat ke apotek yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sehingga penyakitnya dapat terkontrol dengan baik.

“Sudah 8 tahun saya menderita sesak napas ini, selama itu juga saya dijamin oleh Program JKN-KIS, dulu masih Jamkesmas, makanya saya merasa beruntung memiliki JKN-KIS ini,” ungkapnya.

Meski mengaku belum ada perubahan terhadap penyakitnya, namun Selamet merasa bahwa ia tidak boleh putus asa, meski harus bergantung dengan obat.

Ia mengaku bahwa hidup dengan penyakit yang dideritanya ini, Selamet menjalaninya dengan sabar agar tetap dapat beraktivitas mencari nafkah untuk keluarganya.

Bersama istri dan anaknya, Selamet menyatakan harapannya kepada Program JKN-KIS ke depannya.

Di tengah-tengah kondisi ekonomi yang terganggu akibat Pandemi Covid-19, keberadaan Program JKN-KIS sangat berarti sekali bagi mereka.

“Berkat JKN-KIS, hasil kerja saya demi kehidupan sehari-hari tidak habis untuk biaya berobat, saya berharap program ini dapat berlangsung terus dan dapat menjamin setiap pengobatan seperti yang saya jalani saat ini,” tutup Selamet.

Penulis : Gde Candra
Editor : Oka Suryawan