Desa -desa di Indonesia sangat membutuhkan sosok Lenis Kogoya, tokoh masyarakat Papua ini sangat peduli dengan kaum pinggiran.
Desa -desa di Indonesia sangat membutuhkan sosok Lenis Kogoya, tokoh masyarakat Papua ini sangat peduli dengan kaum pinggiran.
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR, balipuspanews.com – Desa -desa di Indonesia sangat membutuhkan sosok Lenis Kogoya, tokoh masyarakat Papua ini sangat peduli dengan kaum pinggiran.

“Kemanapun kita pergi dan merantau, desa kelahiran adalah tempat terimdah untuk kembali”. Demikian pernyataan Putu Eka Budiyasa salah satu tokoh Penggerak Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa & Trainner Desa Wisata saat menutup pemaparannya ttg konsep pengembangan Desa Wisata Desa Adat Pesaban.

Lebih jauh, pencanangan Desa Adat Pesaban menjadi Desa percontohan Wisata Adat oleh Staff Khusus Presiden RI, Lenis Kogoya, S. Th., M. Hum adalah salah satu bukti keberpihakan pemerintah dalan membangun Indonesia dari desa/pinggiran.

Menurutnya, pada berbagai kunjungan ke Bali khususnya, Lenis Kogoya sangat intens menggali keunggulan-keunggulan Desa Adat termasuk permasalahan yang dihadapinya.

Sebut saja pencanangan Desa Adat Pesaban sbg Desa Percontohan Wisata Adat. Pada saat kunjungan beliau mengagumi bagaimana tradisi adat di Pesaban sangat potensial memberikan andil terhadap kemajuan perekonomian warga desa Pesaban.

“Kita bangun kawasan Desa Wisata di desa ini sebagai “Desa percontohan Wisata Adat”, katanya penuh antusias.

Desa ini memiliki kekayaan yang sudah mentradisi selain kekayaan alam berupa panorama yg sdh mendunia sebagai  ikon wisata di Karangasem yaitu kawasan wisata Bukit Jambul.

“Saya akan berusaha mewujudkan Desa ini berkembang menjadi Desa Wisata mengingat desa ini sebagai pintu gerbang utama menuju Pura Agung Besakih (tempat suci umat Hindu terbesar di Bali),” katanya.

Menurutnya, pihaknya mempersilakan mengembangkan dan memupuk  semangat gotong royong warga sehingga progressnya bagus.

“Nanti kita bantu material kayu Papua, urainya sesaat mengakhiri sambutannya dalam dialog dengan warga masyarakat Desa Adat Pesaban di Pesaban beberapa keaempatan yang lalu,” kutip

Pernyataan Lenis disambut antusias oleh warga terutama Bendesa Adat Pesaban, I Made Sudiarta.

” Kami selaku warga Desa adat Pesaban berharap bapak Tokoh dan kepala Adat Papua yang juga Staff Khusus Presiden RI , Bapak Lenis Kogoya dapat mewujudkan Desa kami sesuai harapan warga dan pernyataan Bapak. Kami bersama warga desa adat berjanji akan tetap dan selalu menjaga kelestarian Desa kami baik kelestarian alamnya, adat budayanya serta kelestarian peninggalan bersejarah lainnya,” jelasnya. (art/bpn/tim)