Kamis, April 18, 2024
BerandaKarangasemBersihkan Diri Secara Ritual, Pengelola Padangbai "Mejaye-Jaye"

Bersihkan Diri Secara Ritual, Pengelola Padangbai “Mejaye-Jaye”

Karangasem, balipuspanews.com –  Keanggotaan Organisasi Badan Pengelola Padangbai terpilih Ketua Kepala Bappelitbangda dan Kepengurusan Organisasi Manajemen Operasional terpilih untuk kepengurusan 2017-2019 I Ketut Sumertanaya, SH sebagai Manager, didampingi Wakil Manager I Kadek Aris Suyasa dan Sekretaris I Komang Adi Satriantasuta beserta Anggota Badan Pengelola dan Anggota Kepengurusan (MO) lainnya melakukan upacara mejaya-jaya dan pawintenan yang sekaligus pengukuhan Anggota Badan Pengelola dan MO Kawasan Padangbai di Pura Dang Kahyangan Silayukti, Desa Pakraman Padangbai, Manggis Karangasem.

Pengukuhan pengurus itu dilakukan oleh  oleh Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri didampingi Wabup Artha Dipa, Minggu (18/6).

Kegiatan yang dilaksanakan sore hari itu disaksikan Sekdakab. Karangasem I Gede Adnya Mulyadi, Forkopimda, Kepala OPD dilingkungan Pemkab. Karangasem. Rangkaian kegiatan yang diawali dengan persembahyangan bersama yang dilanjutkan dengan Upacara Mejaya-jaya dan Pawintenan serta Pengukuhan itu dipuput Ida Pedanda Gede Bukit dari Geriya Bukit Catu, Selumbung, Manggis, Karangasem.

Kepala Dinas Perhubungan Karangasem Ida Bagus Pt Suastika selaku Panitia Karya dalam laporannya menyampaikan, kegiatan Mejaye-jaye dan Pengukuhan ini sebagai bentuk rasa syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa, bahwa Pembentukan Organisasi Badan Pengelola serta Kepengurusan Organisasi MO Padangbai telah berjalan dengan lancar dan damai,

BACA :  Hujan Deras Tidak Halangi Warga Kota Seni Saksikan Pementasan Gong Kebyar di Balai Budaya Gianyar

”Upacara ini bertujuan untuk menyucikan dan membersihkan diri secara niskala, sebelum Ketua dan Anggotanya mulai melaksanakan tugas-tugas sebagai Organisasi Badan Pengelola dan MO Padangbai selama 2 tahun ke depan. Serta dapat melaksanakan tugas dengan baik dan lancar sesuai visi misi Karangasem cerdas, bersih dan bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana,”ujarnya.

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri dalam sambrama wacananya mengatakan Pembentukan Badan Pengelola dan MO Padangbai sebagai upaya penyelenggaraan seluruh urusan pengelolaan Kawasan Padangbai secara profesional.

”Di tahun 2017 ini Pemkab Karangasem telah resmi membentuk Badan Pengelola dan MO Kawasan Padangbai yang diawali dengan penandatanganan Mou oleh Pemerintah Kabupaten Karangasem dengan Desa Pakraman Padangbai waktu lalu yang bertujuan untuk mewujudkan penataan dan pengawasan secara optimal dan profesional terhadap potensi serta aset yang ada di kawasan Padangbai utamanya, kawasan Pelabuhan Rakyat (Pelra) Padangbai dan penataan Kawasan Padangbai,”ucapnya.

Disamping itu, Mas Sumatri lanjut mengatakan,”Pembentukan Badan Pengelola serta MO Padangbai juga memiliki tujuan memberikan pelayanan terhadap fasilitas umum yang berkaitan dengan kepariwisataan, transportasi maupun bidang lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BACA :  Menko PMK Imbau Pemudik Sumatera-Jawa Maksimalkan Penyeberangan Pelabuhan Panjang

Untuk itu semua pihak harus memiliki rasa bertanggung jawab secara bersama sama mewujudkan cita cita Kabupaten Karangasem menjadi lebih maju lebih waspada, lebih trasparan, menjadikan Karangasem Cerdas Bermartabat Berlandaskan Tri Hita Karana dengan harapan masyarakat bisa menikmati secara langsung potensi pariwisata yang ada didaerahnya, jangan sampai alamnya melimpah tapi masyarakatnya tetap kesusahan,”ujarnya.

Dikatakan, Penetapan Susunan Organisasi Badan Pengelola Kawasan Padangbai dan Penetapan Susunan Organisasi Manajemen Operasional Kawasan Padangbai sudah ditetapkan melalui Keputusan Bupati Karangasem No 430/HK/2017 dan No 431/HK/2017.

Dengan tugas Ketua Organisasi Badan Pengelola Kawasan Padangbai yaitu, menetapkan kebijakan umum Badan Pengelola, menetapkan program operasional kerja jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dan menetapkan anggaran pendapatan dan belanja operasional Badan Pengelola.

 

 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular