Parade Gebogan Bunga Gumitir
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore
Karangasem, balipuspanews.com -Mengusung tagline “Karangasem The Spirit Of Bali” Festival Pesona Tirta Gangga ditujukan untuk meningkatkan  minat wisatawan untuk datang ke Karangasem. Festival yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut di buka langsung oleh Sekda Kabupaten Karangasem I Gede Adnya Mulyadi bertempat di wantilan Taman Tirta Gangga, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Kamis (24/8) pukul 16.45 wita.

“Kabupaten Karangasem ialah salah satu Kabupaten yang berada diujung Pulau Bali, dimana sektor pariwisata merupakan salah satu andalan dari Kabupaten Karangasem yang mulai berkembang sejak tahun 1950,” ujar Sekda Adnya Mulyadi saat membacakan sambutan Bupati Karangasem.

Selama ini, Karangasem dikenal dengan kekayaan budaya, keunikan keseniannya dan peninggalan Raja yang tidak dimiliki oleh Kabupaten lain di Bali. Ini adalah salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Karangasem untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bumi Lahar. Sementara terwujudnya acara tersebut, tidak lepas berkat dukungan penuh dari Kementrian Pariwisata RI, serta Instansi terkait lainnya.

Pembukaan Festival Pesona Tirta Gangga diawali dengan parade di mulai dari pintu masuk Taman Tirta Gangga yang menampilkan Ibu-ibu PKK Desa Ababi dengan keindahan warna Gebogan Bunga Gumitirnya, disusul peragaan busana oleh semeton Jegeg Bagus Karangasem yang menampilkan Busana kepesta rancangan Ida Ayu Ratih Ratna Dewi salah satu Owner Salon di Karangasem.

Menurut Kadis Pariwisata Kabupaten Karangasem Drs. I Wayan Astika, Karangasem memiliki peninggalan sejarah yang agung salah satunya yaitu Taman Tirta Gangga yqng hanya berjarak 5 km dari kota Amlapura. Taman Tirta Gangga sendiri dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem Anak Agung Ngurah Karangasem. Pembangunan taman dilakukan karena areal taman memiliki sumber mata air yang cukup besar sehingga Anak Agung Ngurah Karangasem memilik ide untuk membangun taman Tirta Gangga.

Taman Tirta Gangga sendiri berarti Tirta atau air dan Gangga nama sebuah sungai suci di India. Di Kabupaten Karangasem memilik banyak taman air diantaranya taman Sapte Srengga atau taman sejuta kindahan, taman Sekuta, dan taman Sukasada Ujung.

Selain itu, Festipal Pesona Taman Tirta Gangga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program Pesona Indoseneia untuk mewujudkan tagline “Karangasem The Sprit Of Bali”.
” ini juga sebagai bentuk apresiasi untuk kreatifitas masyarakat sehingga kedepan potensi yang dimiliki tidak hilang,” ujarnya.

Diharapkan agar kegiatan seperti ini bisa menjadi acara rutin setiap tahunnya dengan melibatkan peran serta generasi muda. Diakuinya bahwa, even Festival Pesona Taman Tirta Gangga kali ini dikemas oleh pelaku seni yang bertujuan semata-mata untuk membangkitkan wisata alam Taman Tirta Gangga sebagai kawasan bersejarah. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kunjungan pariwisata dan memperkenalkan kekayaaan kerajinan tradisional yang kreatif untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki khususnya di Kecamatan Abang.

Di akhir acara pembukaan tersebut dilakukan penyerahan Buku Taman Tirta Ganga oleh panitia kepada Ni Putu Gayatri selaku Kepala Bidang Fromosi Pariwisata buatan Kementrian Pariwisata RI yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama

Tinggalkan Komentar...