24.8 C
Denpasar
06/12/2021, 10:12 AM
NasionalJakartaBesok DKPP Putuskan Nasib Ketua dan Anggota Bawaslu Bangli

Besok DKPP Putuskan Nasib Ketua dan Anggota Bawaslu Bangli

balipuspanews google news

JAKARTA, balipuspanews.com – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menggelar sidang Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) dengan agenda Pembacaan Putusan terhadap 13 Perkara di Ruang Sidang DKPP, Gedung DKPP, Jakarta Pusat, Rabu (27/01/2021) pukul 09.30 WIB.

Dari sejumlah nomor perkara tersebut, DKPP akan memutus perkara dugaan pelanggaran kode etik Ketua Bawaslu Kabupaten Bangli, I Nengah Purna (Teradu I) serta dua Staf Bawaslu Kabupaten Bangli, yaitu SM. Agus Juli Setyadhi (Teradu II) dan I Putu Semarabawa (Teradu III).

Plt. Sekretaris DKPP, Arif Ma’ruf menjelaskan semua perkara yang akan diputus telah diperiksa sebelumnya baik melalui sidang di ruang sidang DKPP Jakarta, sidang di tempat (sidang pemeriksaan di Daerah), dan sidang jarak jauh melalui fasilitas video conference.

“Sidang putusan merupakan sidang terakhir atau final dari sebuah perkara yang telah diperiksa,” kata Arif dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/1/2021).

Arif menegaskan dalam rangka pencegahan dan penyebaran Covid-19, sidang ini akan digelar tanpa kehadiran Pengadu, Teradu, Pihak Terkait maupun pengunjung.

Namun, semua pihak dan masyarakat dapat menyaksikan jalannya persidangan dan dapat memutar kembali siaran tersebut kapan saja.

“Ini juga merupakan bentuk transparansi dari DKPP terhadap proses persidangan Kode Etik Penyelenggara Pemilu,” jelas Arif.

Untuk menyaksikan sidang itu, DKPP memberikan tautan live streaming lengkap akan dibagikannya melalui media sosial DKPP.

Untuk diketahui, pada sidang sebelumnya, Senin (21/12/2020) di Kantor KPU Provinsi Bali, DKPP telah melakukan sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) terhadap Ketua Bawaslu Kabupaten Bangli, I Nengah Purna (Teradu I) serta dua Staf Bawaslu Kabupaten Bangli, yaitu SM. Agus Juli Setyadhi (Teradu II) dan I Putu Semarabawa (Teradu III).

Perkara ini diadukan oleh I Putu Eka Saputra melalui tim kuasanya yang terdiri dari tiga orang, yaitu I Ketut Dody Arta Kariawan, I Wayan Eka Suwecantara, dan I Gede Putu Sudharma.

Mereka mengadukan Nengah Purna dkk atas dugaan tidak cermat dan profesional dalam menindaklanjuti temuan Nomor 02/TM/PB/KAB/17.03/X/2020 mengenai dugaan pelanggaran Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Pegawai Kontrak yang diduga ikut mendukung salah satu pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada Serentak Tahun 2020.

Menurut salah seorang kuasa hukum Teradu, Para Teradu dinilai tidak dapat membedakan status pekerjaan Pengadu sebagai pegawai kontrak Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram yang diperbantukan di RSU Bangli dengan pegawai kontrak yang bekerja di Lembaga pemerintah, BUMN, maupun BUMD.

Pengadu juga mendalilkan ketidakcermatan Teradu I dalam menerbitkan surat keputusan Nomor: 027/K.BAWASLU.BA-02/HK/01.01/X/2020 tentang Pembentukan Tim Klarifikasi Penanganan Dugaan Pelanggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020.

Surat ini diduga tidak memiliki kepastian hukum sehingga Teradu II dan Teradu III tidak sah saat menjalankan tugasnya sebagai Tim Klarifikasi.

Dalam sidang pemeriksaan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangli, I Nengah Purna menerangkan bahwa temuan pelanggaran nomor 02/TM/PB/KAB/17.03/X/2020 berawal dari informasi masyarakat yang disampaikan kepadanya 3 Oktober 2020.

Pihak yang diperiksa dalam perkara ini adalah I Dewa Made Wijaya dan I Putu Eka Saputra.

Namun setelah dilakukan klarifikasi dan pengumpulan bukti-bukti, Negah Purna dan semua Anggota Bawaslu Kabupaten Bangli menyatakan hanya I Made Wijaya yang melanggar. Hal ini diteruskan kepada Bupati Bangli dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bangli.

Sedangkan terhadap I Putu Eka Saputra dinilai bukan merupakan bentuk pelanggaran pemilihan atau Pelanggaran Perundang-undangan lainnya, sehingga tidak diteruskan proses penanganannya.

Keputusan ini, kata Nengah Purna, diambil dalam rapat pleno yang dilaksanakan pada 9 Oktober 2020.

“Pengadu bukanlah tenaga kontrak di Pemkab Bangli sehingga temuan dugaan pelanggaran dinyatakan tidak terbukti,” jelas I Nengah Purna dalam persidangan yang digelar di Denpasar itu.

Terkait legalitas dua Staf Bawaslu Kabupaten Bangli sebagai tim klarifikasi, yaitu SM. Agus Juli Setyadhi (Teradu II) dan I Putu Semarabawa (Teradu III), I Nengah mengklarifikasi I Putu Eka berdasarkan surat tugas Nomor: 148/BANGLI/ST-DD/X/2020 tanggal 6 Oktober.

“Sehingga Teradu II dan Teradu III telah memiliki kewenangan melakukan klarifikasi berdasarkan surat tugas aquo,” ujarnya.

Pada sidang pemeriksaan itu, Anggota DKPP Ida Budhiati bertindak sebagai Ketua Majelis didampingi oleh Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Provinsi Bali sebagai Anggota Majelis, yaitu Dr. Ni Wayan Widhiastini (unsur Masyarakat), I Gede John Darmawan (unsur KPU), dan I Wayan Widyardana (unsur Bawaslu).

Berikut Perkara yang akan Diputus pada Rabu, 27 Januari 2021 :

1. Nomor perkara 147-PKE-DKPP/XI/2020 dengan Teradu Toni Kuswoyo (Ketua Bawaslu Kabupaten Kaur), Natijo Elem dan Oyon Zupra (Anggota Bawaslu Kab. Kaur).

2. Nomor perkara 154-PKE-DKPP/XI/2020 dengan Teradu I Nengah Purna (Ketua Bawaslu Kabupaten Bangli), SM Agus Juli Setyadhi dan I Putu Semarabawa (Staf Bawaslu Kab. Bangli).

3. Nomor perkara 157-PKE-DKPP/XI/2020 dengan Teradu Sonimo Lani (Ketua KPU Kab Jawawijaya), Marten Marian, Agustinus Aronggear, Alpius Asso, Tinus Wuka (Anggota KPU Kab. Jayawijaya).

Kemudian Fredy Wamo dan Ansar (Ketua dan Anggota Bawaslu Kab. Jayawijaya).

4. Nomor perkara 170-PKE-DKPP/XI/2020 dengan Teradu Imam Thobrony Pusaka (Ketua Bawaslu Kab. Jember), Devi Aulia Rahim, Dwi Endah Prasetyowati, Ali Rahmad Yanuardi, Andhika Agus Firmansyah (Anggota Bawaslu Kab. Jember).

5. Nomor perkara 171-PKE-DKPP/XI/2020 dengan teradu Muhammad Syaiin (Ketua dan Anggota KPU Kab. Jember), Ahmad Hanafi, Andi Wasis, Dessi Anggraeni, Achmad Susanto (Anggota KPU Kab. Jember).

6. Nomor perkara 180-PKE-DKPP/XII/2020 dengan Teradu Andi Zainuddin (Ketua Bawaslu Kab. Morowali Utara), Rudi Hartono, John Libertus Lakawa (Anggota Bawaslu Kab. Morowali Utara).

Kemudian Oldi Satria M (PPID Bawaslu Kab. Morowali Utara).

7. Nomor perkara 183-PKE-DKPP/XI/2020 dengan Teradu Ahmadi Ruslan Hani (Ketua KPU Kab. Gunung Kidul), Andang Nugroho, Rohmad Qomarudin, Asih Nuryati, Supami (Anggota KPU Kab. Gunung Kidul).

8. Nomor perkara 184-PKE-DKPP/XI/2020, 192-PKE-DKPP/XII/2020; dan 194-PKE-DKPP/XII/2020 dengan Teradu Syafruddin H. Ukkas (Ketua dan Anggota KPU Kab. Barru), Lilis Suryani, Masdar, Muhammad Natsi Azikin, Abdul Syafah B. (Anggota KPU Kab. Barru).

9. Nomor perkara 188-PKE-DKPP/XII/2020 dengan Teradu Topan Balilio (Anggota KPU Kab. Bolaang Mongondow Selatan).

10. Nomor perkara 189-PKE-DKPP/XII/2020; dan 190-PKE-DKPP/XII/2020 dengan Teradu Mubrur dengan Teradu (Ketua Bawaslu Kab. Pelalawan) dan Nanang Wartono (Anggota Bawaslu Kab. Pelalawan).

Penulis : Hardianto

Editor : Oka Suryawan

- Advertisement -
- Advertisment -
Balipuspanews TV
Video thumbnail
Tahun Depan Gaji Tenaga Kontrak di Kabupaten Jembrana Akan Dinaikkan
02:47
Video thumbnail
Antisipasi Masuknya Varian Omicron, Turnamen International Youth Championship Ditunda
02:59
Video thumbnail
Kantin Sekolah Dasar Pengiangan, Bangli Terbakar, Kerugian Diperkirakan Puluhan Juta
02:35
Video thumbnail
Ratusan Liter Arak dan Puluhan Ekor Ayam Diamankan
02:39
Video thumbnail
Kecam Joged Porno, Gubernur Koster Minta Aparat Tegas
04:19
Video thumbnail
Antisipasi Dampak La Nina, Semua Pihak Diminta Sigap Untuk Saling Bantu
03:45
Video thumbnail
Drainase Tersumbat, Sekolah dan Puskesmas di Seririt Terendam Banjir
02:50
Video thumbnail
Sempat Vakum Dua Tahun, Makepung Jembrana Cup Kembali Digelar
03:01
Video thumbnail
Pohon Bunut Besar Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Kutampi
02:02
Video thumbnail
DPRD Buleleng Mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan
01:01
Video thumbnail
Pemberlakuan PPKM, Pedagang dari Luar Karangasem Sementara Dilarang Berjualan di Pasar Tradisional
01:55
Video thumbnail
Kemunculan Seekor Buaya Muara di Sungai Sangsang Lebih Gegerkan Warga
03:59
Video thumbnail
Alat Berat Hingga Senderan Tersapu Aliran Banjir di Tukad Janga
01:48
Video thumbnail
Bea Cukai Musnahkan Barang Bukti Hasil Sitaan Senilai Rp 83,2 Juta
02:02
Video thumbnail
BNNP Bali Gagalkan Penyelundupan 44 Kg Ganja Kering ke Bali
02:03
Video thumbnail
Air Sungai Candi Gara Meluap, Puluhan Rumah Warga di Desa Kusamba Terendam Banjir
02:49
Video thumbnail
Knalpot Brong Dilarang, Polantas Datangi Bengkel Modifikasi
02:19
Video thumbnail
Bersihkan Saluran Irigasi, Pria Asal Desa Nongan Ini Tewas Tertimpa Pohon Dapdap
01:32
Video thumbnail
Sampai Awal Juni Sudah 154 749 Warga Karangasem Divaksinasi Covid 19
01:56
Video thumbnail
40 Pegawai Dinas PUPR Karangasem Menjalani Tes Urine
01:54
Video thumbnail
Hendak Keluar Beli Makan, Seorang Warga di Desa Tista Temukan Mayat Bayi
01:48
Video thumbnail
Hilang Empat Hari, Pemancing Asal Banyuwangi Ini Ditemukan Tak Bernyawa
01:56
Video thumbnail
Harga Bahan Naik, Pengusaha Tahu dan Tempe di Buleleng Kebingungan Berproduksi
03:30
Video thumbnail
Melihat Warga Desa Abang, Karangasem Berburu Ulat Gayas yang Kaya Protein
02:37
Video thumbnail
Ciptakan Sungai Bersih, Kawasan Sungai Taman Pancing Dilengkapi Trash Walker
02:28
Video thumbnail
TPS Sadu Sumerta Kaja Ubah Sampah Jadi Pellet Pembangkit Listrik
03:31
Video thumbnail
Lomba Baleganjur se Bali, Diharapkan Generasi Muda Tetap Berkarya
02:30
Video thumbnail
Jaga Kelestarian, 54 Ekor Jalak Bali Dilepas Liarkan
02:45
Video thumbnail
Hidupkan Kewirausahaan, PKK Desa Batununggul, Nusa Penida Produksi Dupa
02:08
Video thumbnail
Libur Idul Fitri, Pantai Sanur Tetap Jadi Destinasi Favorit Dikunjungi Wisdom
03:41
Video thumbnail
912 Peserta Ikuti Pameran Bonsaidi Alun-alun Kota Gianyar
05:38
Video thumbnail
Pedagang Sudah Pindah, Aktivitas Pasar Banyuasri Telah Dijadwalkan
02:35
Video thumbnail
Longsor di Dua Desa Wilayah Kecamatan Sawan, Kerugian Diperkirakan Ratusan Juta
02:30
Video thumbnail
Putu Supadma Rudana, MBA Mengajak Seluruh Masyarakat untuk Selalu Menerapkan 3M
02:35
Video thumbnail
Pedoman Perayaan Tahun Baru
00:54
Video thumbnail
Strategi Museum Rudana Menjaga Eksistensinya di Tengah Pandemi | Talkshow
44:25
Video thumbnail
Tempat Karaoke Terapkan Prokes, Sterilkan Microphone dengan Mesin Laser
03:13
Video thumbnail
Kebiasaan Baru yang Diterapkan Ketika ke Museum
01:03
Video thumbnail
Ketua Komisi IVDPRD Tabanan I Gusti Komang Wastana,S.Pd Mengajak Masyarakat Disiplin Terapkan Prokes
01:52
Video thumbnail
Kembali Gerebek Desa, Polsek Mengwi Lakukan Penyemprotan Disinfektan Dengan Mobil Water Canon
01:59
Video thumbnail
Tips Solo Travelling di Masa Pandemi
01:17
Video thumbnail
Situasi Ubud Menjelang Tahun Baru 2021
13:36
Video thumbnail
Polsek Selemadeg Barat Semprotkan Disinfektan di Rumah Warga yang Terpapar Covid-19
02:04
Video thumbnail
Tips Aman Menerima Paket di Masa Pandemi
00:42
Video thumbnail
Polres Badung Gelar Aksi Gerebek Desa, Cegah Penyebaran Covid-19
03:23
Video thumbnail
#ingatpesanibu Selalu Menerapkan 3M
00:36
Video thumbnail
Rencana Pembelajaran Tatap Muka Tahun 2021 di Kabupaten Tabanan | Talkshow
19:20
Video thumbnail
Tips Liburan Bersama Keluarga di Masa Pandemi
01:21
Video thumbnail
Minim Kasus Covid 19, Desa Kuwum Dinobatkan Sebagai Desa Tangguh Dewata Oleh Polres Badung
02:39
Video thumbnail
2 Cafe di Tabanan Tak Lengkapi Sarana Prokes,Tim Gabungan Sosialisasi SE Gubernur & Maklumat Kapolri
02:43
Member of