25.1 C
Denpasar
13/04/2021, 2:59 AM
NasionalJakartaBesok DKPP Putuskan Nasib Ketua dan Anggota Bawaslu Bangli

Besok DKPP Putuskan Nasib Ketua dan Anggota Bawaslu Bangli

balipuspanews google news

JAKARTA, balipuspanews.com – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menggelar sidang Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) dengan agenda Pembacaan Putusan terhadap 13 Perkara di Ruang Sidang DKPP, Gedung DKPP, Jakarta Pusat, Rabu (27/01/2021) pukul 09.30 WIB.

Dari sejumlah nomor perkara tersebut, DKPP akan memutus perkara dugaan pelanggaran kode etik Ketua Bawaslu Kabupaten Bangli, I Nengah Purna (Teradu I) serta dua Staf Bawaslu Kabupaten Bangli, yaitu SM. Agus Juli Setyadhi (Teradu II) dan I Putu Semarabawa (Teradu III).

Plt. Sekretaris DKPP, Arif Ma’ruf menjelaskan semua perkara yang akan diputus telah diperiksa sebelumnya baik melalui sidang di ruang sidang DKPP Jakarta, sidang di tempat (sidang pemeriksaan di Daerah), dan sidang jarak jauh melalui fasilitas video conference.

“Sidang putusan merupakan sidang terakhir atau final dari sebuah perkara yang telah diperiksa,” kata Arif dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/1/2021).

Arif menegaskan dalam rangka pencegahan dan penyebaran Covid-19, sidang ini akan digelar tanpa kehadiran Pengadu, Teradu, Pihak Terkait maupun pengunjung.

Namun, semua pihak dan masyarakat dapat menyaksikan jalannya persidangan dan dapat memutar kembali siaran tersebut kapan saja.

“Ini juga merupakan bentuk transparansi dari DKPP terhadap proses persidangan Kode Etik Penyelenggara Pemilu,” jelas Arif.

Untuk menyaksikan sidang itu, DKPP memberikan tautan live streaming lengkap akan dibagikannya melalui media sosial DKPP.

Untuk diketahui, pada sidang sebelumnya, Senin (21/12/2020) di Kantor KPU Provinsi Bali, DKPP telah melakukan sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) terhadap Ketua Bawaslu Kabupaten Bangli, I Nengah Purna (Teradu I) serta dua Staf Bawaslu Kabupaten Bangli, yaitu SM. Agus Juli Setyadhi (Teradu II) dan I Putu Semarabawa (Teradu III).

Perkara ini diadukan oleh I Putu Eka Saputra melalui tim kuasanya yang terdiri dari tiga orang, yaitu I Ketut Dody Arta Kariawan, I Wayan Eka Suwecantara, dan I Gede Putu Sudharma.

Mereka mengadukan Nengah Purna dkk atas dugaan tidak cermat dan profesional dalam menindaklanjuti temuan Nomor 02/TM/PB/KAB/17.03/X/2020 mengenai dugaan pelanggaran Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Pegawai Kontrak yang diduga ikut mendukung salah satu pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada Serentak Tahun 2020.

Menurut salah seorang kuasa hukum Teradu, Para Teradu dinilai tidak dapat membedakan status pekerjaan Pengadu sebagai pegawai kontrak Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram yang diperbantukan di RSU Bangli dengan pegawai kontrak yang bekerja di Lembaga pemerintah, BUMN, maupun BUMD.

Pengadu juga mendalilkan ketidakcermatan Teradu I dalam menerbitkan surat keputusan Nomor: 027/K.BAWASLU.BA-02/HK/01.01/X/2020 tentang Pembentukan Tim Klarifikasi Penanganan Dugaan Pelanggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020.

Surat ini diduga tidak memiliki kepastian hukum sehingga Teradu II dan Teradu III tidak sah saat menjalankan tugasnya sebagai Tim Klarifikasi.

Dalam sidang pemeriksaan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangli, I Nengah Purna menerangkan bahwa temuan pelanggaran nomor 02/TM/PB/KAB/17.03/X/2020 berawal dari informasi masyarakat yang disampaikan kepadanya 3 Oktober 2020.

Pihak yang diperiksa dalam perkara ini adalah I Dewa Made Wijaya dan I Putu Eka Saputra.

Namun setelah dilakukan klarifikasi dan pengumpulan bukti-bukti, Negah Purna dan semua Anggota Bawaslu Kabupaten Bangli menyatakan hanya I Made Wijaya yang melanggar. Hal ini diteruskan kepada Bupati Bangli dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bangli.

Sedangkan terhadap I Putu Eka Saputra dinilai bukan merupakan bentuk pelanggaran pemilihan atau Pelanggaran Perundang-undangan lainnya, sehingga tidak diteruskan proses penanganannya.

Keputusan ini, kata Nengah Purna, diambil dalam rapat pleno yang dilaksanakan pada 9 Oktober 2020.

“Pengadu bukanlah tenaga kontrak di Pemkab Bangli sehingga temuan dugaan pelanggaran dinyatakan tidak terbukti,” jelas I Nengah Purna dalam persidangan yang digelar di Denpasar itu.

Terkait legalitas dua Staf Bawaslu Kabupaten Bangli sebagai tim klarifikasi, yaitu SM. Agus Juli Setyadhi (Teradu II) dan I Putu Semarabawa (Teradu III), I Nengah mengklarifikasi I Putu Eka berdasarkan surat tugas Nomor: 148/BANGLI/ST-DD/X/2020 tanggal 6 Oktober.

“Sehingga Teradu II dan Teradu III telah memiliki kewenangan melakukan klarifikasi berdasarkan surat tugas aquo,” ujarnya.

Pada sidang pemeriksaan itu, Anggota DKPP Ida Budhiati bertindak sebagai Ketua Majelis didampingi oleh Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Provinsi Bali sebagai Anggota Majelis, yaitu Dr. Ni Wayan Widhiastini (unsur Masyarakat), I Gede John Darmawan (unsur KPU), dan I Wayan Widyardana (unsur Bawaslu).

Berikut Perkara yang akan Diputus pada Rabu, 27 Januari 2021 :

1. Nomor perkara 147-PKE-DKPP/XI/2020 dengan Teradu Toni Kuswoyo (Ketua Bawaslu Kabupaten Kaur), Natijo Elem dan Oyon Zupra (Anggota Bawaslu Kab. Kaur).

2. Nomor perkara 154-PKE-DKPP/XI/2020 dengan Teradu I Nengah Purna (Ketua Bawaslu Kabupaten Bangli), SM Agus Juli Setyadhi dan I Putu Semarabawa (Staf Bawaslu Kab. Bangli).

3. Nomor perkara 157-PKE-DKPP/XI/2020 dengan Teradu Sonimo Lani (Ketua KPU Kab Jawawijaya), Marten Marian, Agustinus Aronggear, Alpius Asso, Tinus Wuka (Anggota KPU Kab. Jayawijaya).

Kemudian Fredy Wamo dan Ansar (Ketua dan Anggota Bawaslu Kab. Jayawijaya).

4. Nomor perkara 170-PKE-DKPP/XI/2020 dengan Teradu Imam Thobrony Pusaka (Ketua Bawaslu Kab. Jember), Devi Aulia Rahim, Dwi Endah Prasetyowati, Ali Rahmad Yanuardi, Andhika Agus Firmansyah (Anggota Bawaslu Kab. Jember).

5. Nomor perkara 171-PKE-DKPP/XI/2020 dengan teradu Muhammad Syaiin (Ketua dan Anggota KPU Kab. Jember), Ahmad Hanafi, Andi Wasis, Dessi Anggraeni, Achmad Susanto (Anggota KPU Kab. Jember).

6. Nomor perkara 180-PKE-DKPP/XII/2020 dengan Teradu Andi Zainuddin (Ketua Bawaslu Kab. Morowali Utara), Rudi Hartono, John Libertus Lakawa (Anggota Bawaslu Kab. Morowali Utara).

Kemudian Oldi Satria M (PPID Bawaslu Kab. Morowali Utara).

7. Nomor perkara 183-PKE-DKPP/XI/2020 dengan Teradu Ahmadi Ruslan Hani (Ketua KPU Kab. Gunung Kidul), Andang Nugroho, Rohmad Qomarudin, Asih Nuryati, Supami (Anggota KPU Kab. Gunung Kidul).

8. Nomor perkara 184-PKE-DKPP/XI/2020, 192-PKE-DKPP/XII/2020; dan 194-PKE-DKPP/XII/2020 dengan Teradu Syafruddin H. Ukkas (Ketua dan Anggota KPU Kab. Barru), Lilis Suryani, Masdar, Muhammad Natsi Azikin, Abdul Syafah B. (Anggota KPU Kab. Barru).

9. Nomor perkara 188-PKE-DKPP/XII/2020 dengan Teradu Topan Balilio (Anggota KPU Kab. Bolaang Mongondow Selatan).

10. Nomor perkara 189-PKE-DKPP/XII/2020; dan 190-PKE-DKPP/XII/2020 dengan Teradu Mubrur dengan Teradu (Ketua Bawaslu Kab. Pelalawan) dan Nanang Wartono (Anggota Bawaslu Kab. Pelalawan).

Penulis : Hardianto

Editor : Oka Suryawan

- Advertisement -
balipuspanews android app
- Advertisment -
Balipuspanews TV
Video thumbnail
Pedoman Perayaan Tahun Baru
00:54
Video thumbnail
Kebiasaan Baru yang Diterapkan Ketika ke Museum
01:03
Video thumbnail
Tips Solo Travelling di Masa Pandemi
01:17
Video thumbnail
Tips Aman Menerima Paket di Masa Pandemi
00:42
Video thumbnail
#ingatpesanibu Selalu Menerapkan 3M
00:36
Video thumbnail
Tips Liburan Bersama Keluarga di Masa Pandemi
01:21
Video thumbnail
Tips Ketika Keluar Rumah di Masa Pandemi
01:11
Video thumbnail
Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Anak Bermain di Taman Bermain
01:03
Video thumbnail
Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berbelanja di Mall
00:47
Video thumbnail
Etika Bersin yang Benar
00:45
Video thumbnail
Nak Ubud Gelar Pasar Kaget, Sebagian Hasil Penjualan Didonasikan Bagi yang Terdampak Covid 19
03:03
Video thumbnail
Tips Aman ke Bank di Masa Pandemi
01:00
Video thumbnail
5 Waktu Penting Cuci Tangan Dengan Sabun
00:48
Video thumbnail
Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mengantri
01:03
Video thumbnail
Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berwisata
00:54
Video thumbnail
Tips Menaiki Pesawat di Masa Pandemi
01:06
Video thumbnail
Hal-hal yang Mesti Diperhatikan Setelah Keluar Rumah
00:48
Video thumbnail
Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan di Tengah Pandemi
01:03
Video thumbnail
Perlengkapan yang Wajib Dibawa Dalam Tas di Masa Pandemi
00:57
Video thumbnail
Protokol Kesehatan di Tempat Ibadah
00:57
Video thumbnail
Tips Berkendara di Masa Pandemi
01:12
Video thumbnail
3 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berkunjung ke Suatu Tempat
00:47
Video thumbnail
Langkah Mencegah Kluster Keluarga
01:03
Video thumbnail
Panduan Menggunakan ATM di Masa Pandemi
01:22
Video thumbnail
Tanda Daya Tahan Tubuh Melemah
00:52
Video thumbnail
6 Jenis Salam Pengganti Jabat Tangan yang Populer di Masa Pandemi
00:55
Video thumbnail
Lindungi Lansia dari Covid-19
00:44
Video thumbnail
Tips Aman Nyoblos di Masa Pandemi
00:56
Video thumbnail
Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Pergi Bekerja
00:56
Video thumbnail
Tips Menggunakan Kendaraan Umum di Masa Pandemi
01:05
Video thumbnail
Tips Aman Makan di Rumah Makan di Masa Pandemi
01:03
Video thumbnail
Hal-hal yang Harus Dihindari Saat Memakai Masker
00:50
Video thumbnail
Penggunaan Masker yang Benar
01:18
Video thumbnail
Tips Menjaga Imunitas Tubuh di Masa Pandemi
00:51
Video thumbnail
Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berbelanja ke Supermarket
00:57
Video thumbnail
Tips Aman Berjualan di Masa Pandemi
00:45
Video thumbnail
Cara Mencuci Masker Kain Dengan Benar
02:25
Video thumbnail
Manfaat Menggunakan Masker Dengan Benar
00:45
Video thumbnail
Tips Aman Keluar Rumah di Masa Pandemi
00:56
Video thumbnail
Tips Aman Berbelanja di Pasar di Masa Pandemi
00:55
Video thumbnail
Protokol Kesehatan yang Harus Dilakukan Driver Taksi Online
00:56
Video thumbnail
Protokol Kesehatan yang Mesti Dipatuhi Driver Ojek Online di Masa Pandemi
00:56
Video thumbnail
Protokol Kesehatan Bagi Pekerja di Masa Pandemi
00:55
Video thumbnail
Tips Aman Menggunakan Taksi Online di Masa Pandemi Covid-19
00:54
Video thumbnail
Tips Aman Menaiki Ojek Online di Masa Pandemi
01:10
Video thumbnail
Tips Aman Liburan Bersama Keluarga di Masa Pandemi
01:26
Video thumbnail
7 Langkah Mencuci Tangan Benar
01:09
Video thumbnail
Etika Bersin yang Benar
00:50
Video thumbnail
Etika Batuk yang Benar
00:51
Video thumbnail
Tips Aman Menerima Paket di Masa Pandemi
00:49
Member of