Bhabinkamtibmas Desa Bungkulan Gendong Lansia Lumpuh Untuk Perekaman e-KTP 

Bhabinkamtibmas Desa Bungkulan saat menggendong Made Sulindri untuk melakukan perekaman e-KTP
Bhabinkamtibmas Desa Bungkulan saat menggendong Made Sulindri untuk melakukan perekaman e-KTP

BULELENG, balipuspanews.com – Dari sekian Bhabinkamtibnas di Kabupaten Buleleng mungkin rata-rata semuanya merupakan orang-orang baik yang mengemban tugas mengabdikan diri untuk masyarakat dan desa. Namun dari sekian banyak mungkin salah satunya Babinkamtibmas Desa Bungkulan layak diberikan apresiasi oleh masyarakat.

Kenapa demikian? Ya tentu Bhabinkamtibnas yang memiliki nama lengkap BRIPKA Putu Harysandi Mahayuda telah membantu lansia yang telah lumpuh lama untuk melakukan perekaman e-KTP di Kantor Camat Sawan, pada Kamis (6/10/2022).

Akan tetapi yang membuat menarik yakni BRIPKA Putu Harysandi justru langsung menggendong lansia bernama Made Sulindri,64, untuk dibantu agar bisa melakukan perekaman e-KTP mengingat Sulindri dan suaminya yakni Wayan Sumenasa,64, gagal mendapat bantuan langsung dari pemerintah pusat berupa Program Keluarga Harapan (PKH) hanya karena satu huruf nama di Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbeda dengan Kartu Keluarga (KK).

Baca Juga :  Petani di Desa Bengkala Diajak Menanam Jagung Sorghum

“Jadi dia (BRIPKA Harysandi) mengetahui jika warga binaannya tidak mendapatkan bantuan PKH karena nama yang tertera di KTP dan KK berbeda satu huruf saja,” ujar Kasi Humas Polres Buleleng AKP Gede Sumarjaya.

Tidak hanya membantu dalam mengurus perekaman e-KTP kedua lansia tersebut, BRIPKA Harysandi yang melihat kondisi tempat tinggal keduanya yang berukuran 2×1 Meter terbuat dari bata mentah, tidak ada kasur, hanya ada karpet dan dua bantal lusuh yang dipakai Sulindri tidur.

Sontak membuat BRIPKA Harysandi memohon rekan-rekan di kepolisian untuk membantu agar mendapat donasi untuk membeli kasur.

Bripka Harysandi menyampaikan tindakan yang dilakukannya diakui memang karena adanya rasa kemanusiaan terhadap kedua lansia yang memang benar hidupnya sangat miskin.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Menghadiri HUT ke-19 ST. Prana Sukma Banjar Pipitan Canggu

“Tidak banyak yang diharapkan dari pasangan pasutri tersebut, hanya menginginkan perhatian pemerintah sekedarnya agar bertahan hidup dari bantuan,” imbuhnya.

Disisi lain merespon apa yang diminta dari Bhabinkamtibnas Desa Bungkulan, Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra langsung memberikan bantuan berupa 1 Unit Korsi Roda, 50 Kilogram Beras, 10 liter minyak goreng, 2 Kilogram gula pasir, 1 dos mie instan, telor ayam sebanyak 2 krat, pakaian wanita sebanyak 2 stel dan pakaian laki-laki sebanyak 2 stel.

Bantuan Kapolda Bali tersebut diserahkan oleh Wakapolres Buleleng KOMPOL Yusak Agustinus Sooai, yang didampingi Kasat Binmas AKP Made Mustiada, dan diterima langsung pasangan pasutri tersebut, dengan disaksikan Kepala Dusun/Banjar Dinas Ancak Desa Bungkulan Made Sukrawan, pada Kamis (6/10/2022) di rumahnya.

Baca Juga :  Bupati Suwirta Tekankan Wisudawan Grandiozza International Hospitality untuk Bergerak Meraih Mimpi

“Hari ini kita berikan bantuan dari bapak Kapolda dan sebelumnya juga kita dari Polres Buleleng sudah berikan bantuan berupa kasur dan bantal. Jadi memang kondisi dari pasutri ini memang sangat memperihatinkan, ya semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat,” pungkas KOMPOL Yusak disela-sela menyerahkan bantuan.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan