BI Serahkan Bantuan Bibit Cabai kepada TP PKK Bangli

Bupati Sedana Artha menghadiri penyerahan bantuan bibit cabai yang diserahkan BI kepada TP PKK Bangli
Bupati Sedana Artha menghadiri penyerahan bantuan bibit cabai yang diserahkan BI kepada TP PKK Bangli

BANGLI, balipuspanews.com – Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menghadiri penyerahan bibit cabai dari Bank Indonesia kepada Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Nyonya Sariasih Sedana Arta yang selanjutnya diserahkan secara berjenjang kepada Ketua TP PKK Kecamatan dan kemudian kepada TP PKK Desa/Kelurahan dan KWT di 4 Kecamatan di Kabupaten Bangli, Selasa (4/10/2022).

Hadir pula dalam kegiatan yang dilangsungkan di Ruang Rapat Krisna Kantor Bupati Bangli, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali yang diwakili oleh Deputi Direktur BI Kantor Perwakilan Provinsi Bali Dony H. Heatubun, Ketua GOW Bangli Nyonya Suciati Diar, pimpinan OPD terkait, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Bangli, dan perwakilan TP PKK Desa di Kabupaten Bangli.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pihak Bank Indonesia atas kerjasamannya dalam hal pengendalian inflasi dengan memberikan bantuan bibit pohon cabai kepada TP PKK Kabupaten dan Kelompok Wanita Tani yang ada di Kabupaten Bangli.

Baca Juga :  Bupati Suwirta Tekankan Wisudawan Grandiozza International Hospitality untuk Bergerak Meraih Mimpi

“Sesuai arahan Bapak Presiden, kami di Kabupaten Bangli juga telah mengalokasikan dana transfer umum untuk mendukung kegiatan pengendalian inflasi daerah, kegiatan tersebut terbagi pada beberapa OPD sesuai dengan tupoksinya masing-masing,

dan jika pemerintah memiliki beberapa instrument untuk mengendalikan inflasi baik melalui kebijakan fiscal serta kebijakan non fiscal maka semua lini masyarakat juga harus bergerak untuk mengatasi dampak inflasi supaya tidak berkepanjangan dengan berhemat

dan berorientasi pada kebutuhan di tengah gejolak kenaikan harga-harga bahan baku energi yang mengharuskan masyarakat untuk berkonsumsi barang dan jasa seperlunya serta meningkatkan produktivitas untuk mendapatkan alternative tambahan pendapatan,” kata Sedana Arta.

Lebih lanjut ditambahkan, terkait dengan bantuan bibit cabai dari Bank Indonesia ini, pihaknya berharap nantinya dapat menggerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman atau pekarangan salah satunya dengan menanam pohon cabai agar halaman menjadi lebih produktif.

Baca Juga :  Wisatawan Arab Tewas Saat Rafting di Telaga Dwaja

“Dengan demikian ketergantungan terhadap kebutuhan di pasar bisa dikurangi dan ancaman inflasi dapat dilawan,” sebutnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali yang diwakili oleh Deputi Direktur BI Kantor Perwakilan Provinsi Bali Dony H. Heatubun menambahkan, pihaknya dari BI memberikan apresiasi dukungan kepada Pemda Bangli dan juga Ibu-ibu PKK karena atas dukungan dan kerjasamanya pihaknya bersama-sama ingin melakukan pengendalian inflasi di Bali dan khususnya di Kabupaten Bangli.

Sementara itu, terkait dengan bantuan bibit cabai ini, pihaknya melaporkan bahwa Bank Indonesia Provinsi Bali membagikan 70 ribu bibit cabai se-Bali, yang mana untuk PKK dialokasikan sekitar 35 persen atau diangka 30 ribu bibit cabai ke semua Kabupaten/Kota di Bali. Dan selebihnya juga didistribusikan kepada pasraman, pondok pesantren, subak dan binaan Bank Indonesia.

Baca Juga :  Filosofi Padi Beras Nasi untuk Aparatur Pemerintah dan Guru di Buleleng

“Jadi, kenapa ini dilakukan karena berdasarkan siklus inflasi biasanya diakhir tahun seperti bulan Nopember dan Desember angka inflasinya itu tinggi, karena siklusnya itu banyak seperti hari besar keagamaan, liburan anak sekolahan dan yang lainnya.

Begitu juga biasanya angka wisata datang ke Bali itu naik dari bulan Desember sampai Januari. Maka dari itu diharapkan dengan menanam cabai kita bisa melakukan pengendalian inflasi khususnya dikomuditas pangan,” ujarnya.

Penulis : Komang Riski

Editor : Oka Suryawan