Selasa, April 16, 2024
BerandaNasionalJakartaBimas Hindu Buka Peluang ASN Hindu di Seluruh Indonesia untuk Isi Dua...

Bimas Hindu Buka Peluang ASN Hindu di Seluruh Indonesia untuk Isi Dua Posisi Penting 

JAKARTA, balipuspanews.com – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu (Ditjen Bimas Hindu) Kementerian Agama membuka peluang dua jabatan penting untuk posisi Sekretaris Dirjen Bimas Hindu dan satu posisi Direktur.

Penegasan disampaikan Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI, Tri Handoko Seto dalam diskusi memperingati Perayaan Hari Saraswati yang diadakan Ditjen Bimas Hindu bekerjasama dengan Kementerian Agama RI secara virtual, Jumat (29/01/2021) malam.

Diskusi sendiri mengambil tema “Kebijakan Pemerintah dalam Rangka Pembinaan Umat Hindu di Tengah Keberagaman”. Diskusi dimoderatori Ketua Bintel Hindu Kemenkeu RI, Made Arya Wijaya.

Seto menjelaskan di lingkup Ditjen Hindu ada tiga pos yang mendukung kinerja Bimas Hindu yaitu Sekretaris Dirjen Hindu, Direktorat Urusan Agama Hindu dan Direktorat Urusan Pendidikan Agama Hindu.

“Sampai saat ini dari tiga pos ini hanya satu yang pejabat definitif, yang lainnya masih Plt sehingga saya mengundang talenta terbaik. Kami akan lakukan rekrutmen barangkali ada yang berminat menjadi Sekretaris atau Direksi. Kita membuka seluas-luasnya bagi seluruh ASN di Indonesia, dan tentu juga staf di internal kami,” ucap Tri Handoko Seto.

BACA :  Bupati Giri Prasta hadir sekaligus Meletakan Batu Pertama Pembangunan GKPB Dalung

Mengenai kebijakan Bimas Hindu dalam membina umat Hindu di tengah keberagaman, Seto menjelaskan kebijakan yang dibuat pihaknya merujuk pada garis kebijakan garis pemerintah berupa RPJMN 2020-2024. Yaitu terwujudanya Indonesia yang mandiri dan berdaulat berasaskan gotong royong.

Ada 7 agenda pembangun dari RPJMN itu yang salah satunya terkait dengan Kementerian Agama yaitu revolusi mental dan kebudayaan.

“Pembangunan nasional kita memang kuncinya moderasi beragama. Diharapkan moderasi beragama ini mampu mewarnai seluruh umat beragama,” ujarnya.

Dalam menerjemahkan agenda pembangunan pemerintah itu sendiri, imbuh Seto, Bimas Hindu telah menetapkan 17 kebijakan strategis dalam upaya membangun umat Hindu yang sesuai dengan tugas dan fungsi yang diberikan Presiden kepada Bimas Hindu Kemenag RI.

Dari sisi internal dan eksternal umat Hindu, kata Seto, isu keberagaman secara internal kini dihadapkan pada situasi beragam baik sosial budaya, sosial ekonomi, pendidikan dan pemahaman bahwa kebudayaan umat beragam, juga tingkat sosial ekonomi yang juga beragam.

Pendidikan umat Hindu juga masih jauh dari yang diinginkan. Jumlah perguruan tinggi Hindu masih sangat rendah.

BACA :  Warga Tukadmungga Keluhkan Dua Akses Jalan Menuju Pantai Tak Kunjung Diperbaiki

Juga dari sisi budaya, umat Hindu dihadapkan pada keberagaman.

“Banyaknya agama yang berbeda membuat kita bercampur baur pada frekuensi politik yang berbeda pula maka tentu saja mengakibatkan gesekan yang mungkin timbul dalam upaya kita meningkatkan SDM kita,” sebutnya.

Penulis : Hardianto 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular