Jumat, Juli 19, 2024
BerandaNasionalJakartaBimas Hindu dan PHDI Pusat Tekankan Pentingnya Kolaborasi dan Sinergi untuk Kemajuan...

Bimas Hindu dan PHDI Pusat Tekankan Pentingnya Kolaborasi dan Sinergi untuk Kemajuan Umat

JAKARTA, balipuspanews.com – Kolaborasi, sinergi dan kerja sama yang baik setiap elemen dan lembaga keumatan Hindu di masa kini dan masa mendatang dinilai sangat penting untuk mencapai tujuan pembangunan umat Hindu yang merata.

Pendapat tersebut mengemuka dalam diskusi Webinar Serie 01 bertajuk ‘Pengembangan Kompetensi Dharma Duta’, pada Sabtu (25/9/2021).

Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama (Kemenag) RI, Tri Handoko Seto yang hadir menjadi Keynote Speaker pada webinar menekankan pentingnya kolaborasi antar umat Hindu menjadi penting mengingat banyaknya umat Hindu tersebar di seluruh penjuru tanah air. Mereka menempati semua provinsi hingga seluruh pelosok negeri.

“Kami menyadari Direktorat Jenderal Hindu memiliki beban kerja yang tidak ringan. Oleh karenanya memerlukan kerja sama yang efektif,” ucap Seto.

Untuk memberdayakan kemampuan dan daya saing umat Hindu, peningkatan kompetensi umat menjadi hal mutlak yang harus dimiliki oleh umat Hindu di nusantara. Salah satu upaya meningkatkan kompetensi umat Hindu adalah dengan memperbanyak literasi beragama.

“Karena itu, literasi agama harus kita sandingkan cara-cara beragama yang moderat atau yang kita kenal dengan moderasi beragama. Ingat ya! Moderasi beragama bukan moderasi agama,” tegasnya.

BACA :  Sertifikat Kekayaan Intelektual Diserahkan kepada Sejumlah Bendesa di Klungkung

Seto menambahkan melihat fakta sebaran umat Hindu sedemikian, maka dibutuhkan adanya perencanaan yang strategis dari Lembaga Dharma Duta Pusat untuk menjadi penyampai informasi lewat duta-duta dharma seperti penyuluh agama Hindu baik PNS dan maupun Non PNS.

Dengan demikian, ia menambahkan agama Hindu harus diperkuat oleh literasi yang baik, juga ekspresi di luar harus menujukkan sikap moderat.

“Jadi tebal literasinya, tunjukkan dengan baik. Jangan terbalik, literasinya sedikit lalu tampilannya ekstrim. Ini kebalik. Jadi secara internal harus benar-benar diperkuat,” ujarnya.

Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya juga menekankan pentingnya menciptakan suasana yang kondusif dan tenang menyikapi serangkaian peristiwa yang belakangan sempat viral di internal umat Hindu.

Ia mengingatkan, penting bagi umat Hindu di seluruh nusantara untuk bersinergi dan bekerjasama dalam menciptakan Umat Hindu yang makin maju.

“Sangat penting kolaborasi kita, untuk meningkatkan kompetensi kita. Kita ingin membangun Hindu seutuhnya. Saling menghormati satu dengan yang lain,” ucap Wisnu Bawa.

BACA :  Sepakati Pendapatan Daerah Rp 10 Triliun Lebih, DPRD Badung Apresiasi Rancangan KUA-PPAS Badung 2025

Sementara itu Ketua Umum LDD Pusat Made Awanita mengatakan, Lembaga Dharma Duta (LDD) merupakan bagian dari PHDI yang bertujuan untuk mencetak para pedharma duta.

Sejalan dengan langkah strategis tersebut, maka LDD PHDI Pusat tidak akan pernah berhenti menggelar kegiatan-kegiatan dalam rangka menciptakan dharma duta dengan melaksanakan usaha-usaha pembinaan.

Upaya yang dilakukan tersebut antara lain ikut mengupayakan terwujudnya masyarakat agamis yang berperadaban luhur, menghindarkan perilaku-perilaku radikal, ekstrim dan tidak toleran serta eksklusif dalam kehidupan beragama.

“Dan terbinanya masyarakat Hindu yang lebih memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agama dengan baik dan menghormati perbedaan melalui internalisasi ajaran agama,” tegas Awanita.

Penulis : Hardianto

Editor : OKa Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular