Jumat, Juni 21, 2024
BerandaNewsSeni & BudayaBisa Diwariskan Lintas Generasi, Perlu Aplikasi Pemajuan Kebudayaan

Bisa Diwariskan Lintas Generasi, Perlu Aplikasi Pemajuan Kebudayaan

JAKARTA, balipuspanews.com – Anggota DPR Fraksi Partai Golkar RI Komisi X, Ferdiansyah, SE.,MM mengatakan Pengesahan UU Nomor 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan membawa semangat baru dalam upaya pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan kebudayaan nasional.

“Dalam UU Nomor 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan ini secara taktisnya banyak yang bisa diangkat sesuai dengan pelindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan,” ungkap Ferdiansyah pada acara Sosialisasi Pengetahuan Tradisional sebagai Objek Pemajuan Kebudayaan yang Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-hari yang digelar oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan-Kemdikbudristek, berlangsung di Garut, Jumat (24/9) dengan melaksanakan protokol kesehatan dan test Sweb Antigen.

Kedepannya menurut Ferdiansyah, sosialiasi undang-undang tentang Pemajuan Kebudayaan itu dengan Apliksasi dan ini di benarkan oleh Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid. Pengetahuan tradisional adalah seluruh ide dan gagasan dalam masyarakat yang mengandung nilai-nilai setempat sebagai hasil pengalaman nyata dalam berinteraksi dengan lingkungan, dikembangkan secara terus menerus dan diwariskan lintas generasi.

“Pengetahuan tradisional antara lain kerajinan, busana, metode penyehatan, jamu, makanan dan minuman lokal, serta pengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta,” ujarnya.

BACA :  Tampil Perdana di PKB, Joged Bumbung Kota Denpasar Tampil Memukau

UU Pemajuan Kebudayaan mengakui dan menghargai keragaman budaya masyarakat Indonesia. Ada lebih dari 700 suku bangsa dan bahasa beserta adat istiadatnya yang membentuk masyarakat Indonesia.

“Keragaman inilah yang mendasari kebudayaan nasional kita. Oleh karenanya dibutuhkan perspektif yang adil dan tidak mengkotak-kotakan dalam melihat budaya masyarakat kita,” tutup Anggota DPR Fraksi Partai Golkar RI Komisi X, Ferdiansyah, SE.,MM.

Penulis/editor: Ivan Iskandaria.

 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular