Blangko E-KTP Tahun 2021 Capai Belasan Ribu, Kadis : Masih Ada Warga Belum Punya E-KTP

Ilustrasi KTP Elektronik
Ilustrasi KTP Elektronik

BULELENG, balipuspanews.com – Hingga awal tahun 2021 sejumlah warga khususnya di Kabupaten Buleleng masih saja ada yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

Sampai saat ini sekitar 99,96 persen warga Buleleng telah dinyatakan memegang E-KTP, akan tetapi sisanya sejumlah 0,04 persen dinyatakan belum membuat atau memegang E-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buleleng Putu Ayu Reika Nurhaeni menerangkan mengawali tahun 2021 stok blangko E-KTP di Kabupaten Buleleng mencapai angka 11.591. Seluruhnya sudab siap diberikan bagi warga yang belum memiliki E-KTP.

Bahkan nantinya, jika jumlah tersebut dikira masih belum bisa menjangkau kebutuhan masyarakat khususnya di Kabupaten Buleleng. Pihaknya mengaku sudah siap untuk melakukan kordinasi terkait persediaan blangko ke Provinsi.

“Tahun ini ketersediaannya cukup banyak, ada sebanyak 11591. Apabila stok blangko sudah mulai menipis, kami kembali koordinasi dengan provinsi untuk bisa mendapatkan blangko,” jelasnya, saat dihubungi langsung, Minggu (17/01/2021).

Ia pun menambahkan untuk masyarakat yang hingga kini belum memegang E-KTP, dihimbau agar segera mendatangi kantor camat masing-masing untuk melakukan perekaman sekaligus nantinya diajukan permohonan pencetakan E-KTP. Dengan demikian masyarakat khususnya di Kabupaten Buleleng akan lebih mudah terdata di Disdukcapil.

“Tentu kami mohon bagi yang belum perekaman KTP elektronik silakan mendatangi kantor camat masing-masing agar selanjutnya diajukan permohonan pencetakan KTP elektronik,” imbuhnya.

Sementara itu, Ia juga menyebutkan saat ini Disdukcapil Kabupaten Buleleng telah memiliki dua layanan jemput bola yang di luncurkan di tahun sebelumnya.

Dimana kedua layanan ini yaitu Siap Datang Ke Rumah Penduduk (Sidakep) dan Siap Melayani Identitas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Simelik) telah beroperasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Buleleng.

“Mereka turun untuk memberikan pelayanan perekaman KTP elektronik bagi masyarakat yang memang betul-betul membutuhkan KTP elektronik tetapi tidak bisa mengurus sendiri,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan