BLTDD Januari-Februari 2022 Mulai Disalurkan

Penyaluran BLTDD di Desa Jinengdalem, Kecamatan/Kabupaten Buleleng
Penyaluran BLTDD di Desa Jinengdalem, Kecamatan/Kabupaten Buleleng

BULELENG, balipuspanews.com – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) untuk bulan Januari sampai dengan Februari 2022 mulai disalurkan di sejumlah desa di Kabupaten Buleleng. Salah satunya yang sudah menyalurkan yakni Desa Jinengdalem, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

Kepala Desa Jinengdalem, Ketut Mas Budarma ditemui disela-sela penyaluran BLTDD Rabu (16/2/2022) mengatakan, Desa Jinengdalem telah mengalokasikan Dana Desa untuk BLTDD sebanyak 40,2 persen atau sekitar Rp 370.800.000,- dari total Dana Desa yang diterima sebanyak Rp 922.682.000,-.

Dana itu diterima sebanyak 103 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang didapat dari hasil musyawarah desa dengan rincian perbulannya mendapatkan Rp 300 ribu selama satu tahun.

“Disini ada lima Banjar Dinas, kami atur waktunya. Ada juga 25 KPM kategori disabilitas dan sakit kami bawakan kerumahnya sebagai wujud pelayanan kami bagi KPM yang tidak bisa datang ke kantor desa,” jelasnya.

Bahkan supaya BLTDD ini lebih tepat sasaran dan tepat fungsi sebagai pemenuhan kebutuhan pokok, pihaknya telah membuat kerjasama antara Pemerintah Desa dengan Bumdes Jinengdalem menyediakan paket sembako seharga Rp 100.000.

“Harapan kami setiap penerima dapat membeli sembako sebagai kebutuhan pokoknya. Sehingga apa yang menjadi tujuan bantuan ini dapat tepat sasaran dan bermanfaat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Nyoman Agus Jaya Sumpena menyampaikan jika Sesuai Peraturan Menteri Keuangan No. 190/PMK.07/2021 tentang pengelolaan dana desa, disebutkan desa wajib mengalokasikan minimal 40 persen dari pagu Dana Desa yang diterima untuk jaring pengaman sosial dampak ekonomi akibat adanya pandemi Covid-19 yang dituangkan dalam APBDes.

“Saat ini baru ada sebanyak 20 desa menyalurkan BLTDD dan akan berlanjut desa-desa yang lain,” terangnya.

Ia pun menambahkan terkait rinciannya dari 129 desa yang ada di Kabupaten Buleleng, Dana Desa total sebanyak Rp 126.128.286.000,- , sedangkan untuk alokasi BLTDD total sebanyak Rp 52.128.000.000,- dari 14.480 keluarga penerima manfaat (KPM) yang masing-masing mendapat sebanyak Rp 300.00 perbulan per KPM.

“KPM ini tentunya sesuai kriteria dan telah melalui proses musyawarah desa melibatkan BPD, perangkat desa, tokoh adat dan stake holder lainnya yang dituangkan dalam peraturan desa atau perdes,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan