Jumat, Juni 21, 2024
BerandaBadungBNNK Badung Gencarkan Operasi Bersinar di Desa Darmasaba, 20 Penghuni Kos Tes...

BNNK Badung Gencarkan Operasi Bersinar di Desa Darmasaba, 20 Penghuni Kos Tes Urine

MANGUPURA, balipuspanews.com – Badan Narkotika Nasional Kabupaten Badung (BNNK) Badung, menggencarkan sidak di wilayah Desa Darmasaba, Badung, yang sebelumnya ditetapkan sebagai Desa Bersinar tahun 2023. Sidak ini dilakukan menyusul dalam sebulan terakhir ada 3 warga yang lapor diri dan sudah menjalani rehabilitasi di BNNK Badung.

Sidak yang berlangsung pada Kamis 7 Desember 2023 malam ini dipimpin langsung oleh Kepala BNNK Badung AKBP AA Gde Mudita SH, bersama aparat desa, Linmas desa, IBM (Intervensi Berbasis Masyarakat) Desa Darmasaba, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung.

AKBP Mudita membenarkan pihaknya melakukan sidak di Desa Darmasaba karena dalam sebulan terakhir ada 3 warga Desa setempat lapor diri terkait narkoba.

“Ya benar, dalam sebulan terakhir Kelian Desa Darmasaba mengajak 3 orang di desa tersebut untuk lapor diri, dan kini sudah direhabilitasi di BNNK Badung, sehingga kita gencarkan Operasi Bersinar,” beber AKBP Mudita saat dikonfirmasi, pada Senin (11/12/2023).

Ia mengatakan, Operasi Bersinar kali ini juga dipadukan dengan sidak penduduk pendatang (duktang) oleh Linmas Desa Darmasaba dan Satpol PP Kabupaten Badung.

BACA :  Taman Penasar “Ceraken” Duta Denpasar Sukses Tampil Memukau di Ajang PKB XLVI

Ada ratusan personel gabungan dilibatkan dalam operasi tersebut. Terdiri dari 30 orang Staf BNNK Badung, 20 orang dari aparat Desa Darmasaba, 5 petugas dari IBM Desa Darmasaba, 30 petugas dari Linmas Desa Darmasaba, dan 20 petugas Satpol PP Kabupaten Badung.

Diungkapkan AKBP Mudita, pihaknya menyasar kos-kosan karena memang menampung dari kalangan duktang. Para penghuni kos rata-rata ada yang sudah berkeluarga, bahkan ada yang tinggal bersama saudaranya.

Dijelaskannya, Operasi Bersinar ini tidak hanya melakukan pendataan duktang, tapi juga melakukan deteksi dini atau jalani tes urine narkoba kepada 20 orang penghuni kos.

“Total 20 orang yang jalani tes urine, dan hasilnya seluruh negatif,” ungkapnya.

AKBP Mudita berharap dengan gencarnya pelaksanaan Operasi Bersinar ini, wilayah Desa Darmasaba tetap aman kondusif, dan bisa mencegah masuknya peredaran narkotika. Ditegaskannya, narkotika adalah musuh bersama yang harus diberantas hingga ke akar-akarnya.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular