Korban WNA yang tewas akibat boatnya diterjang ombak ganas diperairan Devil Tears dievakuasi warga
Korban WNA yang tewas akibat boatnya diterjang ombak ganas diperairan Devil Tears dievakuasi warga
sewa motor matic murah dibali

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Kemungkinan mesin Boat  Nagasima-Go, mati dikawasan Laut Devil Tears, Nusa Penida, Klungkung  dan boat langsung diterjang ombak besar menghatamnya menyebabkan dua warga negara asing (WNA) pria dan wanita ditemukan tewas yang menumpang boat naas tersebut. Dua turis  yang bernama Victor Johannes Allers, Lk, 43 thn WNA asal Afrika Selatan dan teman wanitanya Caval Heir O Biron, pr, 48 thn WNA asal Brazil diduga tewas gara gara speedboat yang ditumpanginya dihantam ombak besar saat akan bermain snorkeling di perairan laut kawasan Nusa Penida.

Kejadian naas ini dibenarkan oleh Kapolsek Nusa Penida Kompol Komang Reka Sanjaya,SH . Menurutnya kejadian yang menimpa Boat  Nagasima-Go  diduga akibat mesin mati sehingga boat terlempar dihantam ombak ganas. Peristiwa ini terjadi pada Senin 16 September 2019 sekira pkl 10.15 wita dengan TKP dikawasan perairan Devil Tear Banjar Kawan Desa Lembongan, Kec. Nusa Penida Kab. Klungkung.

Menurutnya Identitas nama boat Nagasima-Go,sementara pemilik Bout I Made Artana, 43 thn, Lk, alamat Banjar Kelod Desa Jungutbatu Kec. Nusa Penida Kab. Klungkung, dan Kapten  Boat  bernama Suadak (35) alamat tinggal sementara Desa Jungutbatu Kec. Nusa Penida, alamat asal Banyuwangi, Jawa Timur.

“Penumpang dua WNA diketahui meninggal dunia antara lain Caval Heir O Biron, (48 ) No. Pasport : YB469947, penumpang wanita WNA asal Brazil, menginap sementara di Villa D’Nusa kamar 111, Banjar Kaja Desa Jungutbatu Kec. Nusa Penida dan teman prianya bernama Victor Johannes Allers, ( 43) No. Pasport : A06732142, WNA asal  Afrika Selatan,  menginap sementara di Villa D’Nusa kamar 111, Banjar Kaja Desa Jungutbatu Kec. Nusa Penida,” jelas Kapolsek Kompol Komang Reka Sanjaya.

Awal mula kejadian menurutnya ,ketika pada Senin 16 September 2019 sekira pukul 09.00 wita Bout Nagasima-Go berangkat dari pantai Jungutbatu dengan tujuan akan mengantarkan 2 orang penumpang WNA tersebut , untuk melakukan kegiatan Tour Island atau mengelilingi pulau Lembongan dengan menggunakan Bout Nagasima-Go.

Sekira pukul 10.15 wita Bout Nagasima-Go tiba di perairan Devil Tear, kemudian saat sedang berhenti tiba – tiba datang ombak besar menghantam bout dan mengakibatkan posisi bout Terbalik sehingga kapten dan kedua penumpang tercebur kelaut. Kemudian Kapten berenang menuju tebing kemudian di bantu warga sekitar diangkat ke atas tebing dengan menggunakan tangga tali. Namun naas kedua penumpang WNA tersebut terus di hantam ombak dan kehabisan napas kemudian hanyut terbawa arus.

Selang beberapa saat ada bout lainnya sedang lewat kemudian membantu kedua Korban yang sudah dalam keadaan tidak sadarkan diri dengan posisi tertelungkup, kemudian korban di bawa ke Puskesmas Nusa Penida II, setelah dilakukan pemeriksaan oleh Tim Medis Korban sudah di nyatakan meninggal Dunia. Sementara itu  Kapten Bout masih dalam perawatan di East Medical Care Lembongan. Disebutkan saat ini kedua penumpang yang tewas sudah dievakuasi kedarat di Jungutbatu.

Sementara itu Kadek Winaya Kepala Pos  Balawista Nusa Penida-Nusa Lembongan menyebutkan bahwa kemungkinan mesin Boat mati saat musibah terjadi dan ombak besar menghantamnya yang menyebabkan kedua penumpangnya tewas.

“Info yang saya dapatkan tadi kemungkinan biasanya dari Jungutbatu itu mau snorkeling mau ke Nusa Penida biasanya. Itu boat snorkeling ke Nusa Penidanya kemungkinan mesin itu mati di sana karena ombak besar,” Ujar Kadek Winaya.

Winaya menuturkan speedboat yang ditumpangi turis-turis itu diduga terbalik karena dihantam ombak. Kapten kapal berhasil diselamatkan, namun ada dua turis asing yang tewas. Yang saya lihat itu kaptennya selamat, bule itu sudah meninggal tetapi belum bisa kami evakuasi jenazahnya itu. Dua bule meninggal yang saya tahu dua bule meninggal, sudah dipastikan meninggal dua, katanya masyarakat di sana laki dan perempuan” jelasnya. (Roni/bpn/tim)