Bolehkah Periksa Gigi Ditengah Pandemi Covid-19? Simak Penjelasannya

Drg. Tri Wahyu Fajarwati saat melakukan desinfektan diruangan prakteknya pada, Rabu (11/11/2020).
Drg. Tri Wahyu Fajarwati saat melakukan desinfektan diruangan prakteknya pada, Rabu (11/11/2020).

BADUNG, balipuspanews.com – Gigi dan mulut merupakan bagian terpenting pada tubuh manusia. Secara umum gigi berfungsi untuk mengunyah makanan dan membantu manusia untuk berbicara dengan jelas. Tak jarang banyak masyarakat saat ini yang mengeluhkan sakit gigi, karena kurangnya kesadaran merawat gigi.

Namun ditengah pandemi Covid-19, masyarakat diminta untuk tetap dirumah saja dan jika akan keluar hanya dalam kondisi darurat. Termasuk untuk pergi ke dokter gigi sekalipun.

Maka dari itu penting bagi kita semua untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut. Salah seorang dokter gigi, Drg. Tri Wahyu Fajarwati, mengatakan ditengah pandemi Covid-19, masyarakat harus tetap memperhatikan kesehatan gigi.

“Merawat gigi ditengah pandemi sebenarnya dilakukan seperti biasa. Misalkan pergi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk membersihkan karang gigi dan mengecek kesehatan gigi secara keseluruhan. Yang terpenting dokter yang bertugas menggunakan APD yang lengkap sesuai dengan standar WHO,” ungkapnya.

Selain APD, dokter gigi yang melayani pasiennya ditempat praktek juga harus memperhatikan ruang praktek serta ruang tunggu pasien.

“Selain APD, dokter yang melayani pasiennya di tempat praktek juga harus memperhatikan sirkulasi udara yang ada diruang tunggu serta melakukan desinfektan di seluruh ruangan,” tambahnya.

Selain itu pasien yang datang ke tempat praktek wajib menggunakan masker, serta menyediakan tempat untuk mencuci tangan bagi setiap orang yang akan memasuki tempat praktek dan pastikan setiap pasien yang menunggu giliran agar tetap menjaga jarak.

“Selain itu tetap pastikan pasien yang datang dalam kondisi sehat, seperti tidak dalam kondisi panas atau batuk,” tandasnya (*)

Penulis : Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

Editor : Oka Suryawan