Kamis, April 18, 2024
BerandaKarangasemBPBD Karangasem Beri Edukasi Kebencanaan Kepada Siswa SD Lewat Permainan Ular Tangga

BPBD Karangasem Beri Edukasi Kebencanaan Kepada Siswa SD Lewat Permainan Ular Tangga

KARANGASEM, balipuspanews.com – Bermain sambil belajar, strategi inilah yang diterapkan oleh BPBD Karangasem saat memberikan edukasi tentang kebencanaan kepada siswa SD di Karangasem.

Seperti yang terlihat dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi penanggulangan bencana memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2022 yang berlangsung hari ini, Selasa (19/4/2022).

Ratusan siswa SD Negeri 5 Subagan, Karangasem selain diberikan materi dan simulasi, juga diajak bermain permainan ular tangga. Menurut Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, dalam permainan ular tangga tersebut, setiap tangga yang dilalui terdapat berbagai pertanyaan dan kalimat tentang edukasi kebencanaan.

“Sangat seru, siswa sangat antusias bermain, setiap langkah yang dilalui ada pertanyaan dan kalimat tentang edukasi, jadi sambil bermain mereka juga bisa memahami edukasi yang kita berikan,” ujar Arimbawa.

Ia berharap, dengan diberikannya edukasi tersebut, sejak usia dini anak-anak bisa mengetahui kesiapsiagaan kebencanaan, apabila terjadi bencana mereka bisa tahu apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri.

Sementara itu, Sekda sekaligus sebagai Ex Official Kepala BPBD Kabupaten Karangasem, I Ketut Sedana Merta juga turun langsung dalam kegiatan tersebut sekaligus memberikan pengarahan terkait Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2022.

BACA :  Peringati May Day, Pemkot Denpasar Bersama Serikat Pekerja Akan Gelar Pentas Budaya

“Bagaimana anak-anak usia dini agar memahami lebih awal terkait potensi bencana di Karangasem, ada potensi letusan gunung berapi, gempa bumi, tanah longsor serta potensi bencana lainnya,” kata Sedan Merta.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular