sewa motor matic murah dibali

RENDANG, balipuspanews.com – Budidaya Minyak Nilam dan Madu Klanceng atau Kele masih eksis pasca erupsi Gunung Agung, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten karangasem.

Tanaman Nilam
Tanaman Nilam

“Tak ada pengaruhnya produksi tetap jalan,” kata I Wayan Sudarma pembudidaya Minyak Nilam dan Madu Kele di Banjar Belatung, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangsem ketika ditemui di rumahnya, Sabtu (16/2).

Lenih jauh pria yang juga Kelompok Tani Hutan Satya Loka Parama Sidhi mengatakan membudidayakan kele atau klanceng itu pada awalnya dianggap tak berguna. Lama kelamaan industri ini bisa menghasilkan, bahkan di cari dari berbagai daerah

Menurutnya madu tradisional ini diyakini sebagai penambah stamina serta mencegah berbagai macam penyakit mulai dari diabetes, asam urat dan penyakit lainnya.

“Dari 2 ribu anggota yang kami punya setiap harinya menghasilkan 10 botol madu, 1 botol madu harganya 350 ribu,” kata Sudarma.

Panen madu ini, jelas Sudarma bergilir dari satu rumah ke rumah warga lainnya.

Lebih jauh, pembudiayaan lebah Trigona sebagai penghasil madu kele ini, menurutnya sangat sederhana cukup dibuatkan kandang dari kayu dan bambu didalam rumah.

Setelah ada bibitnya maka lebah itu akan berkembang, normalnya selama 1 tahun atau paling cepat 6 bulan akan memanen.

Ramuan madu jamu tamu
Ramuan madu jamu tamu

Keberhasilan Wayan membudidayakan lebah trigona mengantarnya memperoleh
penghargaan Sipakara Nugaraha 2014 dari Bappeda Bali untuk Kreativitas dan
Inovasi Tehnologi Masyarakat dalam Penyepihan Lebah Trigona.

Selain mengembangkan Lebah, kelompok ini mengembangkan tanaman nilam yang mencapai luasan 10 ha. Pada 2012 kelompok memperoleh bantuan mesin penyulingan nilam dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Karangasem. Saat ini kelompok rata-rata memproduksi 40- 50 kg minyak nilam yang di suplai ke industri kosmetik di Bangli secara rutin. Harga minyak nilam mencapai Rp 800.000 per kg.

“Ya lumayan buat tambah-tambah biaya hidup,” katanya singkat. (art/bpn/tim)

Tinggalkan Komentar...