Jumat, Maret 29, 2024
BerandaTabananBuka Musrenbangcam 2021, Sekda Ajak  Bekerja Keras Tingkatkan Kesejahteraan

Buka Musrenbangcam 2021, Sekda Ajak  Bekerja Keras Tingkatkan Kesejahteraan

TABANAN, balipuspanews.com– Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan, I Gede Susila, membuka secara resmi Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan, Kabupaten Tabanan Tahun 2021, Senin (3/2), di Kantor Camat Kediri, Tabanan.

Dalam kesempatan itu, Sekda I Gede Susila, menyampaikan pelaksanaan Musrenbang kali ini dalam rangka penyempurnaan susunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemerintah Daerah tahun 2021, yang menitikberatkan membahas  fokus dan prioritas pembangunan di tahun 2021 yang merupakan penjabaran dari RPJMD semesta berencana Kabupaten Tabanan tahun 2016-2021.

Dengan mengambil tema ‘generasi milenial untuk industry pariwisata berkelanjutan’, dengan maksud  menitik beratkan pembangunan pada generasi usia produktif yang lahir pada era industry digital perlu ditingkatkan kualitasnya dan diberi peran lebih luas dalam pembangunan daerah.

Karena generasi milenial diyakini memiliki ide-ide maupun terobosan  baru, khususnya yang mengembangkan wirausaha baru dengan memanfaatkan potensi demografi di Kabupaten Tabanan.

Ia menyadari, bahwa dalam membangun diperlukan dana yang tidak sedikit. Dan karena keterbatasan dana yang dimililiki, dalam pembangunan tahun 2019 banyak usulan masyarakat yang tidak terakomodir karena kapasitas fiskal keuangan yang sangat terbatas.

Disisi lain banyak permasalahan yang harus ditangani seperti fasilitas pendidikan, kesehatan, pertanian, lingkungan hidup, kebutuhan infrastruktur dan masih banyak yang lainnya.

“Tantangan pembangunan kedepan semakin besar, terlebih dengan keterbatasan yang kita miliki. Untuk itu Saya mengajak seluruh pihak untuk selalu mencurahkan segala potensi yang dimiliki untuk Tabanan menjadi lebih maju, lebih mandiri dan lebih sejahtera,” harapnya.

Sebelumnya, Putu Gede Nurjaya Saputra Aryana Kasubid Penanaman Modal dan Pariwisata melaporkan Musrenbang RKPD kabupaten Tabanan merupakan forum bagi seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan pembangunan untuk menyampaikan masukan dan saran bagi penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Tabanan tahun 2021. Penyusunan RKPD telah melalui serangkaian tahapan, mulai dari Musrenbang RKPD di tingkat Desa, Kecamatan dan forum perangkat daerah.

Sejalan dengan tema Musrenbangcam kali ini, Kepala Bapelitbang Kabupaten Tabanan, IB. Wiratmaja, mengatakan bahwa di Bapelitbang Kabupaten Tabanan saat ini sebagian besar atau hampir 75 persen ASN di Bapelitbang merupakan generasi muda.

Ia berharap melalui Musrenbang Tingkat Kecamatan Kabupaten Tabanan tahun 2021 ini, dengan segala keterbatasan yang dimiliki, semoga mampu mewujudkan seluruh program yang telah direncanakan.

Ia melanjutkan, kegiatan ini telah direncanakan oleh pihaknya secara serius dan diharapkan mampu bersinergi dengan program-programm yang direncanakan di Pemerintah Desa.

“Musrenbangcam ini bukanlah pormalitas. Di Indonesia kita juara satu bidang perencanaan. Perencanaan ini kita susun dengan serius. Kami sangat serius,” imbuh Wiratmaja saat memberikan sambutan pada kegiatan Musrenbangcam yang diseenggarakan di Kantor Camat Kerambitan, Selasa (4/1). (rls/BPN/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular