sewa motor matic murah dibali

GIANYAR, Balipuspanews.com – Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI “Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi” akan berlanjut di Kabupaten Gianyar. KPK direncanakan akan menggelar edukai antikorupsi ke bebargai elemen masyarakat di Gumi Seni ini pada 14-15 Agustus mendatang. Hal tersebut terungkat pada rapat persiapan Roadshow KPK di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, Rabu, (17/7). Rapat dipimpin Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gianyar, Cokorda Gde Rai Widiarsa P didampingi Sekretaris Inspektorat Kabupaten Gianyar, I Ketut Sedana.

Cokorda Rai Widiarsa menjelaskan kegiatan Roadshow Bus KPK RI ini akan dipusatkan di Lapangan Astina Gianyar dan Balai Budaya Gianyar dengan melibatkan instansi terkait serta kalangan siswa dari tingkat TK/PAUD, SD, SMP serta SMA sekitar 500 siswa serta dari unsur Desa. Selama dua hari tersebut, berbagai kegiatan akan dilaksanakan KPK RI bersama Pemerintah Kabupaten Gianyar sebagai bentuk upaya memberikan edukasi antikorupsi, harta kekayaan pejabat negara, dan pelayanan terhadap masyarakat serta mendekatkan program pencegahan korupsi di masyarakat. Sesuai undang-undang KPK, lembaga antirasuah itu juga bertugas menyelenggarakan pendidikan antikorupsi dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi.

“Inti dari tujuan roadshow ini adalah mensosialisasikan kepada publik. Khususnya kepada khalayak, sesungguhnya gimana caranya supaya masalah korupsi itu ataupun tindakan lain yang mengarah kepada penyimpangan bisa sedini mungkin ditangani lewat pembinaan, lewat kordinasi bahkan KPK melibatkan anak-anak PAUD,” kata Cok Rai Widiarsa.

Ditambahkan, selain sosialisasi internal dan kampanye antikorupsi, di Lapangan Astina Gianyar juga disediakan area layanan publik yang dimulai dari pukul 10.00 Wita. Mulai dari pelayanan kesehatan dari Dinas Kesehatan, pelayanan KTP Keliling dari Disdukcapil, Perpustakaan Keliling dari Dispusar, pelayanan SIM keliling dari Polres Gianyar, layanan Gerai Pelayanan Publik dari Kejari Gianyar, Pemadam Kebakaran serta pelayanan publik keliling lainnya.

“Di gedung DPRD Kabupaten Gianyar juga akan dilaksanakan edukasi kepada Anggota Dewan terpilih periode 2019-2024 serta pejabat staf lingkungan DPRD serta pejabat KPU dan Kesbang. Juga ada diskusi publik dengan komunitas dan masyarakat di Balai Budaya Gianyar dengan narasumber dari KPK,” imbuh Cok Rai Widiarsa.

Hal senada dikatakan Sekretaris Inspektorat Kabupaten Gianyar, Drs. I Ketut Sedana, MAP, materi dari roadshow “Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi” ini memahami, mengedukasi tentang antikorupsi khususnya kepada anak didik mulai dari PAUD, TK, SMP dan SMA. Melalui kegiatan roadshow ini masyarakat diharapkan dekat dengan pencegahan antikorupsi dan masyarakat bisa berinteraksi. Sehingga dengan tahu tentang korupsi, maka masyarakat sudah tidak mau korupsi dan masyarakat bersama KPK serta pemerintah bisa bersama-sama mencegah terjadinya korupsi.

“Nanti anak-anak diajak beredukasi, bermain. Belajar sambil bermain begitu. Nanti ada kompetensi-kompetensi disana untuk mendapatkan juara-juara seperti itu. Ada lomba menggambar seperti itu. Peralatan menggambar disiapkan oleh KPK,” imbuh Ketut Sedana.(catur/bpn/tim).