Buleleng Berkomitmen Tuntaskan PAUD Satu Tahun Pra Sekolah

Singaraja, balipuspanews.com|Kabupaten Buleleng berkomitmen siap dalam melaksanakan program Penuntasan Ikut PAUD Satu Tahun Pra Sekolah Dasar yang digagas oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan demikan, Pemkab Buleleng menyelenggarakan Sosialisasi Penuntasan Ikut PAUD Satu Tahun Pra Sekolah Dasar yang bertempat di Gedung Wanita Laksmi Graha, Selasa, 7 Maret 2017.

Sosialisasi yang dibuka oleh Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG dihadiri oleh Direktur Pembinaan PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R. Ella Yulaelawati R.,M.A.,Ph.D., Wakil Bunda PAUD Kabupaten Buleleng Ny. Ayu Wardhani Sutjidra, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Drs. Gede Suyasa,M.Pd, Camat Sekabupaten Buleleng dan peserta sosialisasi.

Dalam kegiatan itu, dilakukan juga penandatanganan komitmen Penuntasan Ikut PAUD Satu Tahun Pra SD yang dilakukan oleh Camat Sekabupaten Buleleng. Dalam mendukung program ini, Pemkab Buleleng telah membangun TK negeri disetiap Desa. Menurut Kadisdikpora Gede Suyasa, Pemkab Buleleng sudah membangun 17 TK Negeri.

“Untuk tahun ini kita punya target membangun 10 TK negeri lagi. Namun setelah kita lakukan verifikasi dilapangan hanya tujuh TK yang memenuhi syarat. Ya mudah-mudahan bulan depan kita bisa SK kan menjadi TK negeri,” ujar Gede Suyasa.

Suyasa berharap, dengan adanya TK negeri bisa memudahkan aksebilitas PAUD di Buleleng dan bisa mencapai target 90 persen.

Wabup Sutjidra yang ditemui usai membuka acara mengatakan, Penuntasan Ikut PAUD Satu Tahun Pra Sekolah Dasar sangat penting mengingat usia anak dibawah 6 tahun adalah masa pembentukan karakter.

“Usia 6 tahun kebawah merupakan usia emas pada anak. Diusia itu saat yang tepat untuk membentuk karakter pada anak kita.” Jelasnya.

Sementara itu, Direktur Pembinaan PAUD R. Ella Yulaelawati mengatakan menurut penelitian pertumbuhan fisik dan otak anak yang baik ada pada usia 0 sampai 5 tahun.

“Pada usia ini stimulasi pendidikan yang positif sangat penting karena penyerapan informasi sangat tinggi pada usia itu,” jelasnya.

Ia sangat mengapresiasi peran Pemkab Buleleng karena bisa meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD.

“APK Buleleng tinggal sedikit lagi menyamai APK Nasional dan ini sangat bagus. Karena itu saya mau datang kesini,” ujarnya.