Buleleng Jadi Kabupaten Pertama Dibentuk Bale Adhyaksa Restorative Justice

Kemudian Ia mengaku sangat mendukung upaya kejaksaan khususnya dalam menerapkan pendekatan penyelesaian perkara di luar pengadilan, tentunya dengan batasan-batasan yang sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Dirinya juga mengatakan, sebagai Kepala Daerah, ingin agar wilayah Kabupaten Buleleng tetap aman, damai, dan terjaga kondusivitasnya.

“Hal tersebut tentunya sejalan dengan hakekat penerapan restoratif justice, dimana pendekatan ini bertujuan untuk memulihkan kedamaian dan keharmonisan di masyarakat seperti sebelum terjadinya perkara,” tuturnya.

Di pihak lain Kepala Desa Lokapaksa, Putu Dodik Tryana berharap dengan adanya Bale Adhyaksa nantinya semoga tidak ada lagi kasus-kasus yang terjadi, kendati pun ada maka semua itu bisa diselesaikan atau berakhir secara damai melalui proses Restorative Justice.

Baca Juga :  Atlet Porprov Jembrana Gagal Capai Target

“Mudah-mudahan adanya ini (bale Adhiyaksa) tidak ada lagi kasus terjadi sehingga restorasi justice tersebut tidak kita gunakan tapi sekalipun ada mudah-mudahan bisa berakhirnya disini secara damai atau kekeluargaan,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan