Senin, Februari 26, 2024
BerandaBulelengBuleleng Raih Penghargaan KLA Tingkat Pratama

Buleleng Raih Penghargaan KLA Tingkat Pratama

Singaraja, balipuspanews.com – Penghargaan Nasional Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama berhasil diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPAP RI) Yohana Susana Yembise dan diterima Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Buleleng dr. Ni Made Sukarmini, MAP, di Ballroom Hotel Swiss-Bell Pekanbaru Provinsi Riau pada Sabtu (22/7) malam.

Selain Kabupaten Buleleng, penghargaan KLA juga diterima oleh 126 Kabupaten/Kota lainnya dari 519 Kabupaten/Kota se-Indonesia dibagi menjadi 4 kategori yakni kategori Pratama, Madya, Nindya dan Utama.

Sekedar diketahui, khusus di Buleleng, program KLA sudah di deklarasikan sejak tahun 2014 dengan diikuti keterlibatan dunia usaha untuk KLA dengan membangun sarana air minum di tempat umum yang layak, dilanjutkan dengan pembentukan Peraturan Daerah (Perda) pada Tahun 2015, memasuki tahun 2016 Pemkab Buleleng terus melaksanakan pelatihan penginputan data tentang evaluasi KLA berbasis Website.

Ketika ditemui, Kadis P2KBP3A dr. Ni Made Sukarmini, MAP mengatakan, penghargaan tersebut merupakan salah satu wujud bahwa Kabupaten Buleleng berkomitmen dan serius dalam mengakomodir kepentingan terbaik anak.

BACA :  KemenkoPMK Gelar Rakor Persiapan Haji 2024

Keberhasilan tersebut bisa diraih, sambung Sukarmini juga berkat sinergitas dari seluruh komponen masyarakat yang ada di kabupaten Buleleng.

“Keberhasilan ini tak lepas dari keterlibatan juga dukungan semua elemen masyarakat dalam menjamin terpenuhinya hak-hak anak,” tuturnya.

Kadis Sukarmini pun menjelaskan meraih predikat Kabupaten Layak Anak tingkat Pratama memang bukan perkara mudah.

Sebelumnya, Kabupaten Buleleng harus memperoleh nilai 501-600 dan dapat memenuhi 17 komponen penilaian.

Penghargaan Kabupaten Layak Anak ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi seluruh elemen khususnya pemerintah untuk terus berbenah diri dan memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat.

“Kedepan, pelayanan yang diberikan pada masyarakat harus lebih baik lagi, termasuk juga pemenuhan-pemenuhan hak anak,” jelasnya

Kadis Sukarmini pun berharap dengan diraihnya penghargaan KLa nantinya dapat memacu semangat seluruh pemangku kepentingan dalam mengatasi berbagai permasalahan anak, khususnya kekerasan terhadap anak.

“Tentu peran serta stakeholder sangat berarti, khususnya dalam mencegah kasus kekerasan terhadap anak serta bagaimana agar anak-anak kita terus meningkat gizinya,” pungkasnya.

BACA :  Padukan Budaya Tionghoa dan Bali , Ritual Imlek 2575 Digelar di Kawasan Heritage Jalan Gajah Mada
RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular