Buleleng Segera Lakukan Pengambilan Vaksin COVID-19 Tahap Pertama

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (sumber : kompas.com)
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (sumber : kompas.com)

BULELENG, balipuspanews.com – Akhirnya apa yang ditunggu masyarakat Buleleng akan segera dilaksanakan. Pelakasanaan Vaksinasi Covid-19 tahap pertama sudah siap dilakukan Kabupaten Buleleng. Hal sebagai informasi awal bahwa vaksin akan segera sampai di Buleleng.

Sekretaris Satuan Tugas Penanganan COVID-19 yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa memaparkan bahwa Buleleng mendapatkan jatah vaksin COVID-19 sebanyak sebanyak 7.440 vial.

Dari keseluruhan vaksin tersebut akan segera diambil langsung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng ke tempat penyimpanan vaksin milik Pemerintah Provinsi Bali, pada Selasa (26/01/2021).

Pengambilan diperkirakan akan dilakukan pada siang hari dari provinsi setelah itu vaksin akan dibawa ke Buleleng dengan mengikuti prosedur tetap (protap) yang sudah ditetapkan oleh Kepolisian Daerah Provinsi Bali. Bahkan pihak satgas sudah melakukan koordinasi terkait dengan pengamanan vaksin tersebut.

“Tadi sudah berkoordinasi dengan polisi dan Satpol PP untuk melakukan pengawalan sesuai dengan protap oleh Polda Bali atas dasar surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali,” jelasnya, Senin (25/01/2021).

Ia pun menambahkan, sebelum di sebarkan vaksin akan disimpan di Depo Farmasi Dinas Kesehatan Buleleng yang bertempat di Jalan Serma Karma, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng.

Setelah itu sejumlah vaksin akan langsung disebarkan ke puskesmas-puskesmas fasilitas kesehatan yang memiliki cold chain (sistem dan alat-alat penyimpanan vaksin termasuk pendingin).

Sebanyak 4000 vial akan disimpan sesuai lokasi yang disebutkan, sementara itu sisanya akan disebar di tempat-tempat yang telah ditentukan.

“Sebanyak 4000 vial akan disimpan, sisanya akan disebar langsung ke puskesmas atau fasilitas kesehatan yang memiliki cold chain. Bagi yang tidak punya, tidak bisa mengambil. Maka dari itu sisanya disimpan di depo farmasi,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan